TribunJogja/
Home »

Jawa

Pemkab Klaten Anggarkan Rp 4 Miliar untuk Program Tamanisasi

Anggaran untuk program tersebut akan dimasukkan dalam APBD 2018 mendatang.

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Tidak tanggung-tanggung, guna merealisasikan program Klaten Sejuta Bunga Sejuta Warna, Pemkab berencana mengucurkan dana hingga Rp 4 miliar.

Anggaran tersebut akan dimasukkan dalam APBD 2018 mendatang.

"Masuknya bantuan keuangan khusus untuk penamanan pohon di 43 desa. Sementara untuk tamanisasi masuknya hibah dari pemkab ke kelurahan," ungkap Kepala Bappeda Klaten, Bambang Sigit Sinugroho, Jumat (6/10/2017).

Adapun bantuan yang diterima masing-masing desa sebesar Rp 40 juta dengan jumlah pohon yang ditanam paling sedikit 100 batang.

Sedang hibah kepada RT untuk pembuatan taman sebesar Rp 20 juta untuk tiap taman.

Baca: Pemkab Klaten Wacanakan Tamanisasi RT

"Bantuan diberikan kepada Pemdes dan masyarakat. Nanti yang akan mengelola masyarakat," katanya.

Meski diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat dan Pemdes, Bambang mengatakan pihaknya akan mengontrol tanaman dan taman yang diberikan bantuan.

Menurutnya setelah diberikan bantuan, masyarakat dan Pemdes diwajibkan merawat dan menjaga keberlangsungan taman dan pohon.

"Nanti akan kami kontrol, jika ada taman yang rusak atau pohon yang mati atau ditebang, ya harus diganti. Yang ganti siapa? Ya masyarakat yang sudah diberikan bantuan, kalau pohon ya dari desa yang mengganti," katanya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: ang
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help