TribunJogja/

AMIKOM Tetap Menjunjung Nilai Budaya di Kampus

Perubahan bentuk status dari Sekolah Tinggi ke Universitas ini merupakan bukti konsistensi perkembangan Amikom dari tahun ke tahun.

AMIKOM Tetap Menjunjung Nilai Budaya di Kampus
internet
Kampus AMIKOM

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Perubahan bentuk status dari Sekolah Tinggi ke Universitas ini merupakan bukti konsistensi perkembangan Amikom dari tahun ke tahun.

Amikom sendiri berdiri 23 tahun yang lalu pada 11 Oktober 1994 dengan nama Akademi Manajemen Informatika dan Komputer "AMIKOM Yogyakarta," yang terdiri dua Prodi, yaitu D3 Teknik Informatika dan D3 Manajemen Informatika.

"Perubahan status tersebut secara resmi diputuskan melalui Izin Perubahan Bentuk dari Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI) KEMENRISTEKDIKTI dengan Nomor Surat : 99/KPT/I/2017 tanggal 20 Januari 2017. Sesuai dengan izin tersebut, Universitas AMIKOM Yogyakarta memiliki 16 Program Studi," ucap Dr Muhamad Idris P MM, Ketua Yayasan AMIKOM, Jumat (6/10/2017).

Baca: Inovasi Mahasiswa AMIKOM Meraih Penghargaan Asia Smart App Awards 2017 di Hongkong

Pada 2002, AMIKOM pun menambah dua Prodi S1, dan secara resmi berubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta.

Untuk menjawab kebutuhan tenaga terdidik untuk jenjang pasca sarjana, AMIKOM juga menambah Program Magister Teknik Informatika (S2) pada tahun 2008.

Idris menjelaskan seiring dengan terus berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan semakin luasnya penerapan teknologi di berbagai bidang serta kebutuhan untuk meningkatkan daya saing bangsa, maka pada 2017 ini, AMIKOM pun berubah bentuk menjadi Universitas.

"Seluruh Program Studi baru yang diselenggarakan di Universitas AMIKOM Yogyakarta, ditunjang dengan teknologi-teknologi terkini yang memungkinkan terjadinya konvergensi unik antara bidang tersebut dengan TIK. Beragam Prodi baru tersebut juga akan ditunjang dengan adanya lingkungan kreatif yang terdapat dalam AMIKOM Creative Economy Park," jelasnya.

Amikom Creative Economy Park sendiri merupakan area ekonomi kreatif yang terdapat di kompleks AMIKOM.

Beberapa destinasi tersebut diantaranya adalah Inkubasi ICT, Software House, Studio Game, Radio Channel, Television Channel, Internet Service Provider, Digital Library, dan Studio Animasi.

Selain itu, untuk menunjang proses belajar mengajar, dalam waktu dekat AMIKOM juga berencana akan menambah ragam fasilitas, seperti gedung dan infrastruktur penunjang lainnya.

Diharapkan dengan berubahnya status AMIKOM menjadi Universitas akan semakin memicu civitas AMIKOM untuk bekerja lebih keras, dan melayani lebih baik lagi untuk mencapai visinya agar menjadi perguruan tinggi kelas dunia yang unggul dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis entrepreneurship (Private Entrepreneur University).

"Kita juga disini memiliki nilai budaya, nilai budaya itu sangat penting, ada sembilan nilai budaya disini, yaitu integritas, profesional, super team, transformasional, transparan, kebersamaan, mengembangkan sisi positif dari hal yang negatif, sederhana dalam keberadaan dan berada dalam kesederhanaan, tidak menyalahkan, tidak mencari kesalahan, dan tidak menyalahi orang lain," ungkap Idris. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: trs
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help