TribunJogja/

Sudah Saatnya Lautan Jadi Halaman Depan Yogyakarta

Selain sektor perikanan, pariwisata berbasis maritim juga layak dikembangkan untuk mendongkraknya.

Sudah Saatnya Lautan Jadi Halaman Depan Yogyakarta
TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu Nugraha
Suasana lomba kapal hias dalam Festival Among Tani Dagang Layar di Pelabuhan Tanjung Adikarto Kulonprogo, 16-17 September 2017. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berupaya mengoptimalkan porsi kemaritiman dalam pengembangan perekonomian wilayahnya.

Selain sektor perikanan, pariwisata berbasis maritim juga layak dikembangkan untuk mendongkraknya.

Satu di antara langkah yang ditempuh yakni dengan menggelar Festival Among Tani Dagang Layar di Pelabuhan Tanjung Adikarto Kulonprogo, 16-17 September 2017.

Festival ini diramaikan dengan lomba kapal hias, kegiatan bersih pantai, festival budaya, pameran produk olahan ikan dan hasil laut, sepeda bahari, hingga kesenian wayang semalam suntuk.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Sigit Sapto Rahardjo mengatakan, DIY memiliki kontur geografis wilayah dengan karakter dan potensi berbeda-beda, yakni pegunungan, perkotaan, dan pesisir.

Masing-masing juga memiliki varian potensi wisata yang beragam.

Di utara ada festival gunung, di kota ada festival budaya, dan di pesisir ada festival kelautan dan perikanan.

"Tujuan festival ini untuk mengubah sudut pandang masyarakat. Dulu, pantai dianggap halaman belakang namun sekarang kita ingin menjadikannya halaman depan," kata Sigit.

Festival bertema Membangkitkan Kembali Jiwa Kebaharian ini, diselenggarakan dalam mendukung visi misi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, yaitu menyongsong abad Samudra Hindia untuk Kemuliaan Martabat Manusia Jogja.

Sekaligus, diharapkan bisa mendukung pengembangan kawasan Tanjung Adikarto dalam menyongsong keberadaan bandara baru.(*)

Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help