TribunJogja/
Home »

DIY

» Sleman

Ratusan Siswa di Sleman Ikuti Lomba Lukis di Museum Gunung Api Merapi

Ratusan siswa SD sampai dengan SMA di Kabupaten Sleman mengikuti lomba lukis di Halaman Belakang Museum Gunung Api Merapi Minggu (17/9).

TRIBUNJOGA.COM, SLEMAN - Ratusan siswa SD sampai dengan SMA di Kabupaten Sleman mengikuti lomba lukis di Halaman Belakang Museum Gunung Api Merapi Minggu (17/9/2017).

Jumlah peserta tersebut melebihi target. Sebelumnya hanya ditargetkan 300, namun antusias peserta justru lebih tinggi.

Kepala Dinas Kebudaayaan Kabupaten Sleman HY Aji Wulantoro menjelaskan lomba tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melukis pelajar. Selain juga sebagai wujud pembinaan kepada para pelajar.

"Tujuan lomba lukis itu sendiri untuk meningkatkan kemampuan melukis bagi pelajar, mencari bibit unggul dan potensi yang ada, membina bibit junior untuk lebih konsentrasi dalam melukis, juga untuk menciptakan ruang publik dan ruang ekspresi bagi pelajar dalam rangka meningkatkan proses kreativitas terhadap seni lukis, serta menjalin silaturahmi antar pelajar dan antar sekolah," jelasnya.

Bertema "Cinta Seni dan Budaya" diharapkan siswa akan mencintai seni dan budaya yang ada di Indonesia khusunya budaya jawa yang adiluhung tersebut.

Dengan mencintai dan melestarikan budaya Jawa sejak dini, maka pelestarian budaya akan berjalan terus.

Masing-masing tingkatan pendidikan memiliki kriteria berbeda dengan tema flora dan fauna.

Sedangkan kriteria penilaian meliputi kesesuaian tema, warna dan bentuk, kerapian dan original.

Para pemenang lomba juga mendapatkan piala, piagam, dan uang pembinaan.

Untuk terbaik I mendapat uang pembinaan Rp4 juta, terbaik Rp3 juta, terbaik III Rp 2 juta, sedang harapan I uang pembinaanya Rp 1,5 juta, dan terbaik II uang pembinaannya Rp 1 juta. (tribunjogja.com/app)

Penulis: app
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help