TribunJogja/
Home »

Jawa

Terkait Pengelolaan Keuangan, Kota Magelang Raih Penghargaan dari Kemenkeu

Pada akhir tahun 2017, ditargetkan tiga aplikasi terintegrasi sudah dapat difungsikan, antara lain e-budgeting khusus, e-planning dan e-reporting.

Terkait Pengelolaan Keuangan, Kota Magelang Raih Penghargaan dari Kemenkeu
internet

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Prestasi yang ditorahkan Kota Magelang dalam hal pengelolaan keuangan terus berlanjut.

Terakhir, kota sejuta bunga menjadi satu-satunya daerah di Indonesia, yang mendapat anugerah dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.

Torehan tersebut, melanjutkan prestasi Kota Magelang yang sebelumnya meraih anugerah Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan berlanjut pada raihan dua kategori penghargaan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Rencananya, penghargaan itu akan diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, kepada Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito, di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, pada Kamis (14/9).

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Magelang, Larsita, mengatakan bahwa anugerah itu diberikan kepada daerah yang memperoleh Opini WTP dalam LKPD 2012-2016 dan terbukti telah menerapkan sistem akuntabilitas, serta transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah.

Ia menjelaskan, diraihnya penghargaan ini tidak lepas dari peranan Wali Kota Magelang dalam membimbing pengelolaan keuangan daerah. 

Strategi Sigit, lanjutnya, selalu mendorong agar pengelolaan keuangan dilakukan secara akuntabilitas, transparan, dan inovatif.

"Ini membuktikan kalau pengelolaan keuangan di Kota Magelang sudah baik di bawah kepemimpinan Sigit Widyonindito. Untuk tahun ini saja, sudah mendapat tiga penghargaan sekaligus, khusus di bidang pengelolaan keuangan," ujarnya, Rabu (13/9) sore.

Menurut Larsita, anugerah Opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang diraih belum lama ini, didapat lantaran dari sekian aspek seluruhnya berhasil dijalankan Pemkot Magelang.

Di antaranya, terkait ketaatan asas peraturan perundangan, kecukukan dan pengungkapan laporan, kepatuhan terhadap undang-undang dan efektivitas internal.

Halaman
12
Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help