TribunJogja/
Home »

DIY

» Bantul

Serapan APBD Kabupaten Bantul Mencapai 51 Persen

Penyerapan dana banyak dihabiskan untuk keperluan belanja daerah yang meliputi belanja langsung dan tidak langsung.

Serapan APBD Kabupaten Bantul Mencapai 51 Persen
internet

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Dalam semester pertama ini serapan dana APBD Kabupaten Bantul sudah menginjak 51 persen dari total anggaran Rp 2,1 Triliun.

Sekretaris Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Bantul, Joko Sigit menyebutkan, serapan anggaran di semester pertama ini sudah cukup baik.

Penyerapan tersebut, katanya, sesuai dengan anggaran yang telah disusun di tiap SKPD.

Joko menambahkan, penyerapan dana tersebut banyak dihabiskan untuk keperluan belanja daerah yang meliputi belanja langsung dan tidak langsung.

"Belanja tidak langsung itu meliputi belanja pegawai, belanja hibah, belanja bantuan sosial, dan lain sebagainya. Untuk belanja pegawai sendiri terealisasi Rp 704,82 miliar atau 38,65 persen dari anggaran yang mencapai Rp 1,25 triliun," urainya.

Sedangkan belanja langsung, lanjutnya, digunakan untuk keperluan pembangunan infrastruktur dan berbagai kegiatan lainnya.

Di sektor pendapatan semester pertama kemarin, Bantul mampu mencapai realisasi pendapatan senilai Rp 943 miliar atau 38 persen dari penganggaran Rp 2,078 triliun.

Sedangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sejauh ini baru terealisasi Rp 199,998 miliar atau 54 persen dari target anggaran Rp 369,224 miliar.

Pendapatan hasil retribusi daerah terealisasi Rp 14,941 miliar atau 63 persen dari total anggaran Rp 22,638 miliar.

Lain-lain pendapatan asli daerah yang sah, tambah Joko, dari total anggaran Rp 205,262 miliar terealisasi Rp 101,335 miliar. (*)

Penulis: sis
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help