TribunJogja/

Diincar Pesawat Musuh di Atas Waduk, Perempuan Ini Justru Senang

Dalam agenda ini mereka dilatih bertahan diri dalam kondisi pertempuran di medan perairan dan kawasan hutan.

Diincar Pesawat Musuh di Atas Waduk, Perempuan Ini Justru Senang
TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu Nugraha
Pesawat milik TNI AU terbang rendah dalam latihan survival Wanatirta untuk para taruna-taruni AAU. Skenarionya, peserta pelatihan tengah terjatuh ke air dan digempur pesawat musuh. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Seratusan taruna dan taruni Akademi Angkatan Udara (AAU) melakukan latihan survival Wanatirta di Waduk Sermo, Kokap, Kulonprogo 13-15 September 2017.

Dalam agenda ini mereka dilatih bertahan diri dalam kondisi pertempuran di medan perairan dan kawasan hutan.

Mereka harus berjuang keras menjalani latihan tersebut agar punya bekal skill saat terjun langsung di kondisi sesungguhnya.

Seorang taruni peserta pelatihan, Serma Datar Maulidinasari mengaku senang dan sangat terkesan dengan pelatihan tersebut.

Satu di antara unsur latihan yang dianggapnya cukup berat sejauh ini yaitu mempertahankan diri di atas air dari serangan pesawat terbang musuh.

Dalam skenario latihan, para calon penerbang itu terjatuh ke air setelah pesawat yang ditumpanginya ditembak musuh.

Saat berada di air, pesawat musuh juga berulangkali memuntahkan pelurunya sehingga mereka harus berlindung di balik kapal karet.

"Membalikkan kapal dan bertahan di dalamnya termasuk sulit," kata Maulidinasari.

Pelatihan survival perairan dan hutan itu menurutnya memberi pengalaman tersendiri bagi dirinya menghadapi pertempuran sesungguhnya, yakni bertahan hidup dalam kondisi apapun.

Sebanyak 104 taruna dan taruni Akademi Angkatan Udara (AAU) melaksakan latihan Wanatirta ini, terdiri atas 95 taruna fan 9 taruni dari angkatan 2014-2015.

Materi yang diberikan yakni mengenai kemampuan SAR (search and rescue) serta SERE (Survibal, Evation, Resistence, dan Escape).(*)

Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help