TribunJogja/

Tak Hanya Tekan Ledakan Penduduk, Ini Peran Kampung KB untuk Kesejahteraan Masyarakat

Tujuan pembentukan Kampung KB tersebut adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat termasuk meningkatkan partisipasi dalam pembangunan.

Tak Hanya Tekan Ledakan Penduduk, Ini Peran Kampung KB untuk Kesejahteraan Masyarakat
TRIBUNJOGJA.COM / ikrar Gilang Rabbani
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta Edy Muhammad saat memaparkan program pengentasan kemiskinan berbasis dalam pencanangan Kampung Keluarga Berencana pada Selasa (12/9/2017) di Graha Pandawa Kompleks Balikota Yogyakarta. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Keluarga Berencana'>Kampung Keluarga Berencana tidak hanya bertujuan untuk menekan angka kepadatan atau ledakan penduduk.

Konsep kampung ini juga mencakup peningkatan kesejahteraan masyarakat.

PLT Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (KB) Eny Retnowati mengatakan, selain untuk meningkatkan partisipasi masyarakat mengikuti program KB, tujuan pembentukan Kampung KB tersebut adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat termasuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di wilayahnya masing-masing.

Dinas Pengendalian Penduduk dan KB akan bekerja sama dengan beberapa organisasi perangkat daerah lain.

Misalnya, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman untuk perbaikan jalan kampung atau perbaikan rumah yang tidak layak huni.

"Pendampingan akan selalu kami berikan, sehingga tidak hanya sebatas pada peluncuran ini saja. Namun, kami juga berharap agar masyarakat bisa terus berpartisipasi," kata Eny pada Selasa (12/9/2017)

Dukungan anggaran untuk pendampingan Kampung KB, lanjut Eny, tidak hanya berasal dari APBD Kota Yogyakarta saja tetapi juga dari APBN, bahkan bisa dari pihak ketiga.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta Edy Muhammad berharap, program atau kegiatan di Kampung KB dapat diselaraskan dengan program pemerintah khususnya pengentasan kemiskinan dengan Tim Penanggulangan Kemiskinan.

"Ini merupakan langkah kepedulian dan kemandirian dari berbagai pihak untuk menjadikan keluarga sejahtera, melibatkan masyarakat, sektor swasta dan pemerintahan," tutur Edy. (*)

Penulis: gil
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help