TribunJogja/
Home »

Jawa

Sepanjang 2017, Sebanyak 51 Orang Jalani Rehabilitasi

Sebanyak 80 persen berasal dari wilayah Temanggung, sementara sisanya berasal dari eks-Karesidenan Kedu, termasuk Kota dan Kabupaten Magelang.

Sepanjang 2017, Sebanyak 51 Orang Jalani Rehabilitasi
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Temanggung, Sonny Hendrawan, saat didapuk sebagai pemateri dalam penyuluhan penyalahgunaan narkoba, di SMAN 3 Magelang, Selasa (12/9). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Sepanjang tahun 2017, Narkotika Nasional (BNN)'>Badan Narkotika Nasional (BNN) Temanggung sudah merehabilitasi 51 orang penyalahguna narkotika, dimana 80 persen berasal dari wilayah Temanggung.

Sementara sisanya, berasal dari daerah sekitar, di seputaran eks-Karesidenan Kedu, termasuk Kota dan Kabupaten Magelang.

Ironisnya, mereka yang sudah, atau tengah menjalani rehabilitasi, merupakan kalangan remaja, atau pelajar.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Narkotika Nasional (BNN)'>Badan Narkotika Nasional (BNN) Temanggung, Sonny Hendrawan, saat didapuk sebagai pemateri dalam penyuluhan penyalahgunaan narkoba, di SMAN 3 Magelang, Selasa (12/9).

"Usia termuda 14 tahun, dia mengonsumsi ganja. Ini merupakan bukti, kalau di sekitar kita sangat mudah untuk mendapatkan barang-barang semacam itu. Makanya, penyuluhan seperti ini sangat penting, agar para remaja, atau anak-anak kita, tidak terjerumus," paparnya.

Sonny pun mengaku khawatir, lantaran peredaran narkoba dewasa ini sudah semakin terang-terangan.

Walau begitu, ia tidak memungkiri, kalau jumlah orang yang mendapat rehabilitasi dari pihaknya, memang lebih sedikit dari tahun lalu, yang totalnya mencapai 321 orang.

"Memang lebih sedikit, karena tahun kemarin kita jemput bola, sementara tahun ini lebih kita giatkan sosialisasi kemana-kemana, dengan harapan, mereka (korban penyalahguna narkoba) bisa datang sendiri secara sukarela, tanpa paksaan," pungkasnya. (*)

Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help