TribunJogja/
Home »

Jawa

Kisah BNN Tangani Pengguna Narkoba: Lapor Demi Mantan Pacar

Pada kisaran bulan Maret lalu, dijumpai kasus penyalahgunaan obat-obatan terlarang di wilayah Temanggung, yang melibatkan sekelompok pelajar.

Kisah BNN Tangani Pengguna Narkoba: Lapor Demi Mantan Pacar
TRIBUNJOGJA.COM/AZKA RAMADHAN
Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Temanggung, Sonny Hendrawan, saat didapuk sebagai pemateri dalam penyuluhan penyalahgunaan narkoba, di SMAN 3 Magelang, Selasa (12/9/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Azka Ramadhan

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Kalangan pelajar dan mahasiswa sampai sejauh ini masih menjadi korban penyalahgunaan narkotika terbesar kedua, setelah pekerja.

Sedangkan di urutan ke tiga, diduduki oleh mereka yang sejatinya malah tidak mempunyai pekerjaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) Temanggung, Sonny Hendrawan, saat didapuk sebagai pemateri dalam penyuluhan penyalahgunaan narkoba, di SMAN 3 Magelang, Selasa (12/9/2017).

"Jumlah pengguna narkoba dari kalangan pekerja mencapai 50 persen dari total sekitar 4 juta penyalahguna di Indonesia, karena narkoba itu mahal dan mereka yang punya duit. Kemudian, dari kalangan pelajar atau mahasiswa, sebanyak 27 persen dan kalangan tidak bekerja sebesar 22 persen," ungkapnya.

Sonny mengakui, kalau kalangan remaja memang paling rentan menjadi sasaran para pengedar narkoba.

Bahkan, ia mencontohkan, pada kisaran bulan Maret lalu, dijumpai kasus penyalahgunaan obat-obatan terlarang di wilayah Temanggung, yang melibatkan sekelompok pelajar.

"Ironisnya, pil Excimer mereka konsumsi di dalam kelas, saat jam pelajaran pertama. Awalnya didapati sembilan anak. Tapi, setelah diusut, ternyata ada 42 anak yang ikut mengonsusmsi pil kategori psikotropika itu," terangnya.

Yang menarik, lanjut Sonny, pihaknya mengetahui perilaku menyimpang dari para siswa sekolah menengah atas itu, setelah salah seorang rekannya melapor ke BNN, bahwa di sekolahnya terdapat sejumlah anak yang seringkali mengonsumsi obat-obatan terlarang.

"Sebenarnya bukan melapor, anak itu minta supaya teman-temannya diselamatkan dari bahaya narkoba, disembuhkan. Alasannya, dari sekian banyak pemakai tersebut, salah satunya ternyata adalah mantan pacarnya," ungkapnya sembari diikuti gelak tawa.

Pihaknya pun tidak tinggal diam dengan temuan tersebut. Kini, para remaja tersebut tengah menjalani rehabilitasi, dengan mendapat pendampingan langsung dari BNN, sementara kasusnya ditangani Polres setempat. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: aka
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help