TribunJogja/

Ini 2 Strategi Presiden Jokowi Tangani Masalah Kekeringan di Sejumlah Daerah

Jokowi mengatakan Pemerintah telah banyak membangun bendungan atau embung di beberapa daerah.

Ini 2 Strategi Presiden Jokowi Tangani Masalah Kekeringan di Sejumlah Daerah
IST
Jokowi berpose disamping sepeda motor KLX berplat RI-1 

TRIBUNJOGJA.COM - Presiden Joko Widodo mengungkapkan Pemerintah menyiapkan dua langkah menanggulangi bencana kekeringan.

Langkah jangka pendek, Jokowi meminta kepada jajaran dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah untuk menyediakan air bersih bagi masyarakat yang terkena dampak kekeringan.

"Saya juga minta dicek terkait suplai air untuk irigasi pertanian yang sangat dibutuhkan terutama untuk mengairi lahan-lahan pertanian di daerah-daerah yang terdampak," ujar Jokowi saat menggelar rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Untuk langkah jangka panjang, Jokowi mengatakan Pemerintah telah banyak membangun bendungan atau embung di beberapa daerah.

Ia berharap infrastruktur tersebut dapat memberikan manfaat kepada masyarakat terdampak kekeringan, yang membutuhkan air bersih.

"Saya juga minta diantsipasi ketersediaan stok bahan pangan di beberapa daerah sehingga tidak mengalami kelangkaan dan stabilisasi harga bisa terjaga," tutur Jokowi.

"Sekali lagi, saya titip pesan agar kita tidak lengah untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan khususnya di lahan gambut seperti pada tahun 2015," kata Jokowi menambahkan. (*)

Editor: ton
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help