TribunJogja/

RS PKU Muhammadiyah Motori Kerjasama Pendidikan dan Kesehatan dengan Taiwan

Kerjasama tersebut didahului dengan kerjasama majelisi penelitian tinggi Litbang dan National Taipei University.

RS PKU Muhammadiyah Motori Kerjasama Pendidikan dan Kesehatan dengan Taiwan
Tribunjogja.com/Kurniatul Hidayah
Caption: Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta, dr H Joko Murdiyanto SpAn MPH pada saat pemotongan pita peresmian kantor TIHEC, Senin (11/9/2017) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Seremonial acara pembukaan Taiwan Indonesia Healthcare Education Center (TIHEC) di RS PKU Muhammadiyah diwarnai yang apik antara Indonesia dan Taiwan.

Sebelum acara berlangsung, seperti yang sudah menjadi kebiasaan di awal pembukaan acara, seluruh hadirin diminta berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Semua berdiri, tak terkecuali belasan personil yang berasal dari Taiwan.

Seusai lagu Indonesia Raya berkumandang, giliran lagu kebangsaan Taiwan digemakan dan dinyanyikan oleh para dokter dan profesor asal Taiwan tersebut.

Seluruh rangkaian acara pun menggunakan tiga bahasa, mulai dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Mandarin.

Pada saat sambutan, Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta, dr H Joko Murdiyanto SpAn MPH menjelaskan bahwa kerjasama antara Muhammadiyah dan pihak Taiwan tersebut adalah kali kedua.

"Sebelumnya (kerjasamanya) Taiwan International Healthcare Training Center (TIHTC) pada tahun 2009 dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia, baik medis maupun nonmedis," jelasnya, Senin (11/9/2017).

Selanjutnya, dengan adanya kerjasama TIHEC tersebut akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Kerjasama tersebut didahului dengan kerjasama majelis penelitian tinggi Litbang dan National Taipei University.

"TIHTC akan menjadi koordinator program yang berkaitan dengan pendidikan dan institusi layanan kesehatan di Indonesia. Misalnya studi lanjutan dan training yang dilakukan di Taiwan," ujarnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help