TribunJogja/

Pria di Nanggulan Kulonprogo Tewas Keracunan Gas Mesin Pompa Air saat Kuras Sumur

Ia bersama rekannya, Sumarjono (44),w arga Sokorojo, Desa WIjimulyo, Nanggulan mulai bekerja sejak pukul 10.00-13.00.

Pria di Nanggulan Kulonprogo Tewas Keracunan Gas Mesin Pompa Air saat Kuras Sumur
ist
Proses evakuasi jenazah Sunartono yang tewas keracunan gas saat menguras sumur di Jatisarono, Nanggulan, Minggu (10/9/2017) 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Sunartono (35), pria berprofesi penjaga sekolah, tewas saat menguras air sumur milik warga di Jatisarono, Nanggulan, Minggu (10/9/2017) siang.

Ia diduga keracunan sisa gas mesin pompa air diesel yang digunakannya untuk bekerja.

Informasi yang dihimpun, warga Donomerto, Desa Donomulyo Nanggulan tersebut saat itu diminta untuk menguras sumur milik Sumarjo yang berbau tak sedap.

Ia bersama rekannya, Sumarjono (44),w arga Sokorojo, Desa WIjimulyo, Nanggulan mulai bekerja sejak pukul 10.00-13.00.

Karena selang air yang digunakan kurang panjang, keduanya lalu berinisiatif menurunkan mesin diesel menggunakan tambang agar mencapai permukaan air sumur berkedalaman 15 meter tersebut.

Setelah air sumur menyurut sejam kemudian, mesin diesel lantas dinaikkan. Sekitar pukul 14.30, Sunartono masuk ke dalam sumur menggunakan tali tambang untuk mengecek kondisi air dalam sumur.

"Mungkin korban ini mau mengecek apakah air sumur mau berbau atau tidak. Padahal, sebelumnya pemilik rumah sudah mewanti-wanti agar mereka tidak turun ke sumur," kata Kapolsek Nanggulan, AKP Bambang Harun saat dihubungi Tribun Jogja, Minggu malam.

Dugaan sementara ini, masih ada sisa gas buangan mesin pompa diesel di dasar sumur dan meracuni korban. Sebelumnya mereka sempat mengetes kondisi udara di dalam sumur dengan memasukkan lilin dengan ember dan ternyata tidak mati.

"Maka itu korban berani turun. Tapi kadang gas oksidasi buangan mesin itu memang tidak bikin api mati. Ini yang tidak disadari korban," kata Bambang.(*)

Penulis: ing
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help