TribunJogja/

Gadis Manis Ini Pilih Merantau Cari Ilmu

Atmosfer dan ritme belajar yang berbeda pun ia dapatkan ketika memulai kuliah magisternya di UGM.

Gadis Manis Ini Pilih Merantau Cari Ilmu
Ist
Diana Safinda Asran 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Yogyakarta dikenal sebagai Kota Pendidikan. Hal tersebut yang pada akhirnya menarik Diana Safinda Asran untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya di Yogyakarta, tepatnya di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Ia yang sebelumnya menyandang gelar sarjana dari Universitas Brawijaya tersebut menjelaskan bahwa di Kampus Tertua di Indonesia yakni UGM memiliki program studi Kajian Budaya dan Media yang menawarkan silabus yang ia cari selama ini.

"Alasan kedua, karena nggak terlalu jauh dari kampung halaman yakni Tulungagung. Kalau pulang butuh eaktu 6-7 jam saja," terangnya pada Tribun Jogja, Minggu (10/9/2017).

Atmosfer dan ritme belajar yang berbeda pun ia dapatkan ketika memulai kuliah magisternya di UGM.

Menurut anak tunggal tersebut, ketika di Malang ia jarang bertemu dengan mahasiswa di cafe dengan tujuan belajar. Sementara di sini, pemandangan tersebut sangat mudah ia jumpai di mana saja.

"Mungkin karena aku tinggal di sekitar kampus, misal mau duduk di taman cuma sekedar buat baca nggak bakalan canggung atau diliatin. Suasana kampus juga mendukung banget, dosen dan teman juga enak banget buat ngobrol dan diskusi," urainya.

Diana menjelaskan, kesibukan sebagai mahasiswa pun ia habiskan dengan membaca buku kuliah dan jurnal yang ia lakukan rutin setiap harinya.

"Kalau lagi banyak kegiatan paling nggak satu atau dua jam harus diluangin. Lebih banyak diskusi dan belajar sama teman juga, karena kadang materi yang dibaca di buku bisa lebih dalam pemahamannnya kalo dibahas bareng," ujar perempuan kelahiran Surabaya tersebut.

Selain itu, lanjutnya, keuntungan belajar kelompok,.ketika berkumpul dengan teman-teman saat berdiskusi, bisa saling mengingatkan kalau mulai ada yang salah fokus dan konsentrasinya pecah untuk mainan gadget.

"Di kelas juga harus aktif, kalau ada yang belum jelas nggak boleh malu buat tanya apapun itu," tegasnya.

Dara yang gemar menonton Drama Korea tersebut berharap memdapatkan wawasan yang luas ketika kuliah di UGM.

"Jadi ya harapannya, sekolah di sini bisa bikin kualitas pribadi aku juga meningkat. Terus Yogya cocok banget buat mahasiswa kajian budaya kayak aku. Soalnya budaya di Yogya masih kerasa banget," tandasnya. (*)

Penulis: kur
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help