TribunJogja/
Home »

Techno

» Apps

Hanya Gunakan Aplikasi Ini, Seorang Mahasiswa Bisa Kuasai 14 Bahasa

Mahasiswa National University of Singapore (NUS) ini menjadi buah bibir negeri Singa dengan kemampuannya menguasai 14 bahasa.

Hanya Gunakan Aplikasi Ini, Seorang Mahasiswa Bisa Kuasai 14 Bahasa
kompas
Darren Mak sedang menulis karakter bahasa Hindi. 

TRIBUNJOGJA - Menguasai beberapa bahasa saja tidak mudah, apalagi belasan bahasa. Namun, tidak demikian dengan Darren Mak.

Mahasiswa National University of Singapore (NUS) ini menjadi buah bibir negeri Singa dengan kemampuannya menguasai 14 bahasa.

Seperti dilansir dari laman resmi universitas tersebut Selasa (5/9/2017), mahasiswa ilmu bahasa Inggris ini mampu berkomunikasi lancar dalam bahasa Inggris dan Mandarin.

Selain itu dia juga menguasai sejumlah bahasa dari Eropa seperti Belanda, Denmark, Norwegia, Swedia.

Bahkan bahasa-bahasa eksotis seperti bahasa Rusia, Turki, Yunani, dan Ibrani pun lengket di lidahnya.

Tidak ketinggalan dia juga bisa bercakap dan menulis dengan bahasa Arab dan Hindi. Dua bahasa lain yang dikuasainya adalah Melayu dan Korea.

Jangan lupa, pemuda yang saat ini memasuki tahun ketiga perkuliahan, juga lancar berkomunikasi dengan dialek Hokkien dan Cantonese.

Darren menceritakan, awal mula ketertarikannya dengan bahasa-bahasa asing ini hanyalah kebetulan. Kala itu, dia ingin mencari tahu arti dari lirik lagu yang didengarnya.

Yang luar biasa, dia baru mulai mempelajari bahasa-bahasa ini ketika memasuki tingkat SMA, atau hanya sekitar tujuh tahun yang lalu.

Ketika ditanya apa media yang dipakainya, dia mengaku memakai aplikasi bernama Duolingo yang dibuat khusus untuk mempelajari bahasa.

Kemampuan multibahasa ini membuatnya lebih mengapresiasi dan menghargai budaya dari negara lain, apalagi di tengah banyaknya masalah dunia saat ini.

“Kita perlu saling memahami satu sama lain, dan saya percaya bahasa adalah salah satu kunci utama."

Dia berencana untuk menambah koleksi kemampuan bahasanya dengan mempelajari bahasa Tamil dan Jepang.

Saat ditanya apa tips kesuksesannya, Darren dengan sederhana mengatakan latihan adalah yang terpenting, disertai keberanian untuk mengucap, meski salah. (intisari-online)

Editor: oda
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help