TribunJogja/

Gunungkidul Segera Miliki TIC Sendiri

TIC ini diharapkan dapat menjadi pusat informasi bagi wisatawan daerah atau mancanegara yang hendak berwisata di Gunungkidul.

Gunungkidul Segera Miliki TIC Sendiri
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Bangunan Tourist Information Centre Gunungkidul yang hampir selesai dibangun, berlokasi di Patuk, Gunungkidul, Rabu (6/9). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Gunungkidul segera memiliki Pusat Informasi Pariwisata atau Tourist Information Centre (TIC) sendiri.

TIC ini diharapkan dapat menjadi pusat informasi bagi wisatawan daerah atau mancanegara yang hendak berwisata di Gunungkidul.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Saryanto, mengatakan, pembangunan TIC menelan anggaran sebesar Rp 2,56 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Ia mengatakan, pembangunan yang telah berlangsung semenjak tahun 2016 lalu ini, diperkirakan akan selesai dan sudah dapat dipergunakan pada tahun 2017 ini.

"Sudah hampir selesai dan sudah dapat dipergunakan untuk penyediaan informasi bagi wisatawan," ujar Saryanto, Rabu (6/9).

Saryanto mengatakan, dalam operasional TIC, pihaknya menggandeng para pemandu wisata yang ada di Gunungkidul.

Pemandu wisata akan ditempatkan pada satu kantor TIC, sehingga wisatawan dapat mudah mengakses informasi kepariwisataan di Gunungkidul.

"Kami bekerja sama dengan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), seluruh pemandu wisata akan memiliki basecamp di sana. Mereka akan memandu wisatawan dan menyediakan informasi untuk wisatawan di sana," ujar Saryanto.

Diharapkan TIC ini dapat mempermudah bagi wisatawan mengakses informasi pariwisata yang ada di Gunungkidul.

Tak hanya untuk destinasi wisata di selatan seperti pantai, namun juga untuk mempromosikan pariwisata di daerah utara.

"Kami harapkan para pramuwisata dapat mempromosikan wisata di daerah utara, gunung atau gua yang tak kalah bagus dibandingkan wisata pantai," ujar Saryanto.(*)

Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help