TribunJogja/

Emak Hebat ! Perkenalkan, Inilah Syarifah Sang Sopir Truk Pasir

Perempuan ini merupakan sopir dump truck (truk pengangkut tanah), profesi yang selama ini identik dengan pria

Emak Hebat ! Perkenalkan, Inilah Syarifah Sang Sopir Truk Pasir
KOMPAS.com/ Ahmad Winarno
Syarifah Firdaus, Warga Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Sumbersari, Jember, Jawa Timur. Sehari- hari Perempuan Cantik ini Berprofesi Sebagai Supir Truk, Senin (14/8/2017) 

TRIBUNJOGJA.com, JEMBER - Seorang perempuan tampak masih sibuk menurunkan tanah dari atas truknya. Dia terlihat cekatan mengendalikan truknya tersebut. "Sebentar ya mas, masih menurunkan tanah ini," sapanya, saat ditemui Kompas.com, Senin (14/8/2017).

Dia adalah Syarifah Firdaus, warga Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Sumbersari. Perempuan ini merupakan sopir dump truck (truk pengangkut tanah), profesi yang selama ini identik dengan pria.

Baca: Truk Pengangkut 3.400 Kg Belut Kecelakaan di Jalan, Jadilah Mobil Ini Berselimut Lendir

Syarifah bercerita, dirinya menggeluti bidang yang didominasi pria itu sejak dua tahun lalu. "Kalau bisa nyopirnya sejak tahun 2008, tapi mulai benar-benar jadi sopir truk sejak dua tahun lalu," ucapnya.

Selain karena kecintaannya terhadap dunia otomotif, Syarifah mengaku, menjadi seorang sopir lantaran desakan kebutuhan hidup. "Bisa dibilang karena tuntutan hidup, karena kebutuhan anak saya sangat banyak, anak saya delapan orang," katanya.

Baca: Lho, Warga Malah Menjarah Muatan Truk Pengangkut Ikan yang Kecelakaan

Meski menjadi sopir truk, dia mengaku sama sekali tidak malu, sebab pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan halal. "Anak-anak saya pun sangat mendukung, bahkan bangga ibunya seorang sopir truk. Di sekolahnya juga banyak yang memuji, kalau ibunya adalah orang hebat. The power of emak- emak," katanya.

Dalam sehari, Syarifah bisa delapan kali mengangkut material untuk bahan bangunan baik tanah, batu, maupun pasir.

Baca: 10 Kecelakaan Paling Mengerikan Pemotor Tabrak Truk yang Berhenti

Ilustrasi kecelakaan sepeda motor menabrak bagian belakang truk
Ilustrasi kecelakaan sepeda motor menabrak bagian belakang truk (facebook / J-thenk G Kucluk Lg)

"Alhamdulillah jadi sopir banyak saudara, buktinya banyak yang membantu saya ketika mengalami kesulitan terutama saat berada di jalan," ujarnya.

Halaman
12
Editor: mon
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help