TribunJogja/
Home »

DIY

» Bantul

Rel Kereta Api di Jalan Protokol Bantul di Bongkar, Bagian dari Rehabilitasi?

Selain pohon yang ditebang, ternyata proyek tersebut juga memakan rel kereta api yang memang sudah tidak digunakan lagi di ruas jalan tersebut.

Rel Kereta Api di Jalan Protokol Bantul di Bongkar, Bagian dari Rehabilitasi?
twitter/@joeyakarta
Proyek rehabilitasi jalan protokol di Bantul juga memakan rel kereta api yang memang sudah tidak digunakan lagi di ruas jalan tersebut. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Proyek rehabilitasi jalan protokol yang membelah kota Bantul yakni jalan Jenderal Sudirman sudah dimulai.

Sekitar dua pekan lalu, beberapa pohon terutama yang ada di selatan perempatan Klodran, telah mulai ditebangi.

Namun, pekan ini ada hal yang menarik dan kabar tersebut beredar di media sosial.

Selain pohon yang ditebang, ternyata proyek tersebut juga memakan rel kereta api yang memang sudah tidak digunakan lagi di ruas jalan tersebut.

Sejumlah foto terkait pembokaran tersebut diunggah di akun Twitter Joeyakarta milik Elanto Wijoyono dengan caption berikut ini.

"Stlh pohon, kini rel KA era kolonial jd korban proyek jalan. Ancaman nyata kelestarian #pusaka alam & budaya #Bantul #Jogja #JogjaOraDidol," tulisnya.

Postingan tersebut membuat sejumlah netizen ikut berkomentar terkait hal tersebut.

Apakah rel kereta api tersebut tergolong cagar budaya? Apakah pihak Pemkab Bantul sudah melakukan konfirmasi atau perijinan pada pihak terkait mengenai pembongkaran rel tersebut?

Hingga berita ini diturunkan, Tribunjogja.com masih mencoba mengumpulkan konfirmasi ke pihak-pihak yang terkait.

Sebelumnya, dari laman LPSE Kabupaten Bantul, proyek rehabilitasi sebesar Rp 23 miliar di tahun ini lingkup pekerjaannya antara lain adalah penebangan pohon dan juga pembongkaran devider mulai dari perempatan Klodran hingga perempatan Gose.

Di sisi kanan dan kiri jalan tersebut memang tumbuh banyak pohon perindang yang besar.

Disebutkan nantinya median jalan akan dibangun ditengah jalan dan nantinya akan ditanami pohon. Jalan akan semakin lebar.

Sementara itu mulai ditebangnya pohon di jalan tersebut mendapatkan komentar dari warga Bantul, salah satunya adalah Zaenudin. (*)

Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help