TribunJogja/

Sang Merah Putih Tampak Gagah Berkibar di Perbukitan Karst Gunungkidul

Mereka berdiri tegap, dengan sikap hormat mendengarkan dan menyanyikan dengan khidmat lagu kebangsaan Indonesia Raya

Sang Merah Putih Tampak Gagah Berkibar di Perbukitan Karst Gunungkidul
Tribun Jogja/Rendika F
Pengibar bendera merah putih raksasa berukuran 9x6 meter saat melintasi bukit menggunakan flying fox mengibarkan bendera di Goa Ngingrong, Mulo, Mulo, Wonosari, Gunungkidul, Kamis (10/8/217). 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Ribuan bendera merah putih tegak berkibar dengan gagahnya di punggung perbukitan karst di atas Goa Ngingrong, Mulo, Wonosari, Gunungkidul, Kamis (10/8/2017) pagi kemarin. Ribuan pasang mata menjadi saksi dikibarkannya sang saka merah putih.

Mereka berdiri tegap, dengan sikap hormat mendengarkan dan menyanyikan dengan khidmat lagu kebangsaan Indonesia Raya sesaat bendera merah putih raksasa berukuran 9x6 meter dibawa berkibar dari atas bukit menuju bukit di seberang jurang.

Meski sempat gagal karena tertiup angin kencang, bendera tersebut akhirnya dipasang di salah satu tebing. Masyarakat tampak gembira dan bertepuk tangan saat bendera raksasa tersebut dibentangkan di muka bukit.

Masyarakat bergumul menyaksikan detik-detik pengibaran bendera merah putih raksasa. Mereka tampak senang dan bangga bisa melihat acara yang baru pertama kali diadakan di Gunungkidul tersebut.

"Dahulu di sini tempat main saya bersama teman-teman puluhan tahun yang lalu. Sekarang berubah menjadi tempat yang indah, saya pun bangga menjadi warga Gunungkidul, turut memiliki kebanggan atas alam Gunungkidul," ujar Satiyem, salah satu warga yang menonton acara pengibaran bendera, Kamis (10/8).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Saryanto, mengatakan, acara pengibaran ribuan bendera merah putih ini bukanlah tanpa alasan. Acara ini adalah untuk menyambut dan memeringati perayaan 72 tahun tanah air berdiri.

Tepatnya ada sebanyak 1.516 bendera merah putih yang dikibarkan, membanjiri bukit Ngingrong, salah satu dari 33 geosite di Geopark Gunungsewu, dengan warna merah dan putih di bawah langit biru Gunungkidul.

"Menyambut hari kemerdekaan kita, bangsa Indonesia,, pengibaran ribuan bendera merah putih ini menjadi simbol nasionalisme, dan kami harapkan dapat meningkatkan semangat nasionalisme kita," ujar Saryanto, Kamis (10/8).

Goa Ngingrong, Mulo, Wonosari, Gunungkidul menjadi lokasi yang dipilih sebagai tempat pengibaran bendera merah putih, sebabnya Goa Ngingrong merupakan salah satu geosite di Gunungsewu Geopark, yang menjadi kebanggan masyarakat Gunungkidul, dan telah dikenal oleh dunia.

"Pemanfaatan Geosite ini agar lestari nilai pengetahuan konservasi ekonomi, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan," ujar Saryanto.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help