TribunJogja/

Ternyata Daging Kurban Bisa Bertahan Sampai Lebih dari Setahun Lho, Begini Cara Mengolahnya

Bila disimpan dengan benar, ternyata daging yang disimpan di freezer dapat bertahan hingga lebih dari satu tahun.

Ternyata Daging Kurban Bisa Bertahan Sampai Lebih dari Setahun Lho, Begini Cara Mengolahnya
ist/net
Ilustrasi Daging 

TRIBUNJOGJA.COM - Tidak lama lagi, umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Di hari raya tersebut, akan dilakukan penyembelihan hewan kurban.

Banyaknya orang Islam yang berkurban terkadang membuat stok daging penerimanya menumpuk. Sebab khawatir akan busuk meskipun sudah disimpan di freezer, beberapa orang memilih untuk segera memasaknya.

Padahal bila disimpan dengan benar, ternyata daging yang disimpan di freezer dapat bertahan hingga lebih dari satu tahun.

Berikut tips menyimpan daging agar dapat bertahan hingga lebih dari satu tahun, seperti rilis dari Halal Centre Fakultas Peternakan UGM yang diterima Tribun Jogja.

1. Jangan Dicuci Saat Hendak Menyimpan

Untuk mencegah kuman masuk dan tinggal di pori-pori daging yang akhirnya dapat merusak kualitasnya, jangan cuci daging yang hendak disimpan. Agar tahan lama, cuci saja daging saat akan dimasak.

2. Potong Kecil dan Simpan dalam Sejumlah Plastik

Jangan menyimpan daging utuh yang jumlahnya melebihi satu kilogram hanya dalam satu kantong plastik yang sama. Caranya, potong daging dalam ukuran lebih kecil lalu masukkan ke dalam kantong plastik berukuran setengah kilogram atau 1 kilogram.

Saat hendak dimasak, ambil satu atau dua kantong saja dan biarkan yang lain tetap beku.

3. Simpan Dulu di Kulkas Yang Sejuk

Tak kalah pentingnya, daging yang hendak disimpan di freezer harus ditempatkan terlebih dahulu di kulkas yang sejuk. Tunggu sekitar empat atau lima jam.

Bila sudah dingin, langsung masukkan daging ke freezer.

4. Empukkan Menggunakan Air Suhu Normal

Daging yang sudah cukup lama disimpan di freezer akan membeku. Agar tak merusak kualitasnya, empukkan daging dengan air kran suhu normal dalam keadaan masih terbungkus plastik secara rapat.

Hindari mencairkan es daging dengan air panas. Setelah daging empuk, cuci hingga bersih, lalu siap dimasak sesuai selera. (*)

Penulis: say
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help