TribunJogja/

Plaza Hortikultura Bakal Hadir di Jogja

Pengelola kebun plasma nutfah pisang mewacanakan adanya plaza hortikultura di sisi selatan Kota Yogya.

Plaza Hortikultura Bakal Hadir di Jogja
Tribun Jogja/Agung Ismiyanto
Pemandangan di Kebun Plasma Nutfah Pisang, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogya, Kamis (10/8/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pengelola kebun plasma nutfah pisang mewacanakan adanya plaza hortikultura di sisi selatan Kota Yogya.

Plaza ini nantinya akan menjadi rujukan wisata dan edukasi yang bisa terintegrasi dengan pengembangan Kota Yogya sisi selatan.

Kepala Bidang Pertanian Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogya, Imam Nurwahid menjelaskan, pihaknya memang mewacanakan kawasan plasma nutfah akan menjadi plasa hortikultura yang bisa dipergunakan untuk wisata dan edukasi.

Hal ini memang untuk mendukung kawasan ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Yogya yang ditujukan untuk kepentingan riset, pembelajaran dan rekreasi.

“Pengembangan kebun plasma nutfah pisang tersebut akan diarahkan menjadi kawasan edu agro tourism. Selain itu kami berharap ke depannya bisa menjadi plaza hortikultura di Yogya,” katanya, Kamis (10/8/2017).

Dia menjelaskan, potensi plasma nutfah yang memiliki beberapa tanaman yang dikembangkan ini, selama ini sudah menjadi rujukan untuk riset dan wisata.

Pihaknya mencatat selama tahun 2016 terdapat 11.000an wisatawan yang sudah datang di kebun yang berada di Giwangan, Kecamatan Umbulharjo ini.

Konsep dan gagasan jika berhasil menjadi edu agro tourism, akan menjadi daya tarik wisatawan dalam menghidupkan Yogya sisi selatan.

Perlu diketahui, pemerintah daerah setempat akan membangun science park yang berkonsep ruang terbuka biru, dimana akan dilengkapi dengan embung.

Halaman
12
Penulis: ais
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help