TribunJogja/

Ratusan Miliar Digelontor Untuk Pembangunan Infrastruktur Jalan

Dana tersebut digunakan baik untuk pembangunan, perbaikan jalan dan pembangunan jembatan.

Ratusan Miliar Digelontor Untuk Pembangunan Infrastruktur Jalan
Tribun Jogja/ Hari Susmayanti
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Pemkab Gunungkidul menyiapkan dana ratusan miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan.

Dana tersebut digunakan baik untuk pembangunan, perbaikan jalan dan pembangunan jembatan.

Kepala Seksi Perencanaan dan Pengawasan Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Gunungkidul, Ashari Nurkholis, mengatakan, anggaran yang dipersiapkan mencapai Rp 103 Miliar.

Dana tersebut didapatkan selain dari alokasi anggaran dari APBD kabupaten, namun juga didapat dari anggaran pemerintah pusat untuk menyokong pembangunan infrastruktur tahun 2017 ini.

"Anggaran Rp 103 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan ini, kami targetkan akhir tahun semua sudah dapat diselesaikan," ujar Ashari, Selasa (8/8/2017).

Ashari mengatakan, untuk rinciannya, sebanyak Rp 88 Miliar untuk pembangunan jalan yang statusnya telah ditingkatkan menjadi jalan kabupaten maupun jalan nasional.

Total panjang jalan yang dikerjakan adalah 1.136.66 kilo meter termasuk pembangunan dua jembatan, baik jembatan gembyong maupun jembatan watusigar.

"Kami kerjakan secara bertahap, utamanya untuk jalan yang telah meningkat statusnya menjadi jalan kabupaten agar diperhatikan kondisinya," ujar Ashari.

Saat ini, kondisi jalan di empat Kecamatan yakni di Kecamatan Saptosari, Girisubo, Tanjungsari dan Purwosari yang masuk dalam perbaikan masih dalam kondisi kurang baik.

Jalan dengan rusak sedang 126, 38 kilo meter, rusak ringan 157 kilo meter dan rusak berat sepanjang 337,04 kilo meter. Total kondisi ruas jalan 1.136,66 kilometer di 42 ruas jalan.(*)

Penulis: rfk
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help