TribunJogja/

Malam Ini Ada Gerhana Bulan Lho

Gerhana Bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Malam Ini Ada Gerhana Bulan Lho
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Suatu fenomena alam langka akan terjadi di langit Indonesia, yakni gerhana bulan parsial atau gerhana bulan sebagian. Gerhana bulan tersebut akan terjadi Senin (7/8/2017) malam.

Gerhana Bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

 
Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Kepala Bidang Observasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, Ikhsan kepada Tribun Timurmengatakan gerhana bulan parsial terjadi mulai pukul 23.48 Wita.

Baca: Pengurus Musala: Dipukuli Massa, MA Sempat Bersimpuh di Hadapan Saya Minta Maaf

"Untuk kejadian gerhana bulan sebagian terjadi pada tanggal 7-8 Agustus 2017. Dimulai pukul 23.48 Wita, dan akan berlangsung selama 5 jam 49 menit," kata Ikhsan.

Adapun prosesnya yaitu, gerhana mulai (P1) pada pukul 23.48 Wita, gerhana sebagian (U1) pukul 01:22.2 Wita, puncak gerhana pukul 02:20.4 Wita, dan gerhana sebagian berakhir (U4) pukul 03:18.8 Wita.

"Sementara gerhana akan berakhir (P4) pada pukul 04:52.9 Wita," jelasnya.

Total fase gerhana mulai (P1) ke gerhana berakhir (P4) adalah 5 jam 49 menit, sementara fase gerhana sebagian mulai (U1) hingga sebagian berakhir (U4) berlangsung selama 1 jam 55.6 menit.

Ikhsan menjelaskan gerhana ini dapat disaksikan langsung, namun akan lebih jelas jika menggunakan alat bantu yakni teropong.

"Bisa dinikmati dengan mata telanjang, namun BMKG akan menggunakan teropong untuk mengamati gerhana bulan tersebut," kata dia.

Editor: ribut raharjo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help