TribunJogja/

Wadul Dewan, Warga RT 22 Balirejo Tolak Pembangunan SPBU

Mereka menolak rencana pembangunan SPBU yang dinilai akan berdampak lingkungan dan sosial.

Wadul Dewan, Warga RT 22 Balirejo Tolak Pembangunan SPBU
tribunjogja/agung ismiyanto
Sejumlah pekerja nampak beraktivitas di lokasi calon SPBU di Jalan Ipda Tut Harsono. Calon SPBU ini mendapat penolakan dari warga RT 22 Balirejo. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Warga RT 22, Kampung Balirejo, Kelurahan Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo mengaku resah dengan rencana pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di jalan Ipda Tut Harsono.

Mereka menolak rencana pembangunan SPBU yang dinilai akan berdampak lingkungan dan sosial.

Sejumlah warga yang berasal dari RT 22, Balirejo akhirnya mengadukan persoalan ini ke DPRD Kota Yogya, Kamis (3/8/2017). Mereka menilai rencana pembangunan SPBU ini tidak mempehatikan dampak sosial dan lingkungan yang ada di wilayah setempat.

“Sejak dari tahun 2014, kami menolak adanya pembangunan SPBU ini. Tetapi, sekonyong-konyong Dinas Penanaman Modal Dan Perizinan mengeluarkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di lokasi calon SPBU,” ujar Wahyudi, salah satu warga setempat.

Menurutnya, penolakan akan rencana pembangunan SPBU ini sudah diawali sejak tahun 2014 silam. Ada sekitar 33 warga yang menolak pembangunan SPBU ini. Warga juga sudah melayangkan keberatan pada Wali Kota setempat.

Namun, persoalan ini belum segera selesai, pada tahun 2015, warga akhirnya kembali menanyakan ke Dinas Perizinan terkait dengan proses perizinan.

“Saat itu, dinas terkait menjamin tidak akan mengeluarkan izin jika memang ada keberatan dari warga. Akan tetapi, pada tahun 2017, tiba-tiba IMB keluar,” katanya.

Pihaknya pun sudah mengkonfirmasi pihak Dinas Penanaman Modal dan Perizinan terkait dengan IMB ini. Dalam konfirmasi tersebut didapatkan keterangan jika sudah ada persetujuan warga yang berada di tiga RT, yakni RT 21, 22, dan 23.

“Persetujuan ini dilaksanakan di sebuah rumah makan. Alasannya secara teknis dan administrasi juga lengkap,” paparnya.

Halaman
12
Penulis: ais
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help