TribunJogja/
Home »

Jawa

Paling Tua Usia 86 Tahun, 60 Persen Calhaj Klaten Beresiko Tinggi

Dari jumlah calhaj yang berangkat tahun ini, sebagian besar masuk dalam kategori jamaah beresiko tinggi.

Paling Tua Usia 86 Tahun, 60 Persen Calhaj Klaten Beresiko Tinggi
Tribun Jogja/Angga Purnama
Sebanyak 1.083 calon jamaah haji asal Klaten siap diberangkatkan ke Tanah Suci. Calon jamaah haji asal Klaten akan diberangkatkan dalam empat kelompok terbang (Kloter). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN – Jamaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Klaten akan diberangkatkan ke Tanah Suci bulan Agustus ini.

Dari jumlah calhaj yang berangkat tahun ini, sebagian besar masuk dalam kategori jamaah beresiko tinggi.

Kepala Kemenag Klaten, Masmin Afif mengatakan calhaj yang masuk dalam kategori resiko tinggi lantaran berusia lanjut dan kondisi kesehatannya. Namun sebagian besar merupaka jamaah yang memasuki usia lanjut.

“Sekitar 60 persen calhaj yang diberangkatkan tahun ini masuk dalam kategori resiko tinggi, sebagaian besar karena usia lanjut dan kondisi kesehatannya,” paparnya saat acara pamitan jamaah calhaj di Gedung Sunan Pandanaran, Klaten, Selasa (1/8/2017).

Data dari Kemenag Klaten, total calhaj yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci tahun ini sebanyak 1.083 jamaah, jumlah tersebut terdiri dari 517 jamaah pria dan 566 jamaah perempuan.

Jamaah akan didampingi 13 petugas kloter terdiri dari Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), dan petugas medis.

Dalam pemberangkatannya, calhaj asal Klaten dibagi dalam empat kloter atau kelompok terbang, yaitu Kloter 33 yang diberangkatkan pada 7 Agustus.

Sedangkan Kloter 81, 82, dan 83 akan diberangkatkan pada 22 Agustus mendatang di waktu pemberangkatan yang berbeda.

“Jamaah calhaj akan masuk ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali sehari sebelum pemberangkatan,” katanya.

Secara rinci Masmin menjelaskan Kloter 33, 81, dan 82 diisi calhaj asal Kabupaten Klaten. Masing-masing terdiri atas 353 jamaah di Kloter 33, 277 jamaah di Kloter 81, dan 355 jamaah di Kloter 82.

Halaman
12
Penulis: ang
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help