TribunJogja/

Kali Kuning Park, Wisata Alam Baru Bernuansa Pegunungan di Lereng Merapi

Lokasi wisata di lereng Merapi juga menawarkan tempat bersantai bagi keluarga.

Kali Kuning Park, Wisata Alam Baru Bernuansa Pegunungan di Lereng Merapi
Tribun Jogja/ Gilang Satmaka
Kali Kuning Park 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Selain memiliki udara yang sejuk dan panorama alam yang indah, wisata di lereng Gunung Merapi juga terkenal akan cerita-cerita sejarahnya.

Di sisi lain, lokasi wisata di lereng Merapi juga menawarkan tempat bersantai bagi keluarga.

Beberapa lokasi wisata baru bermunculan di lereng Merapi, yang tentunya dapat menjadi alternatif wisata pilihan lainnya, ketika anda mengunjungi daerah utara Yogyakarta.

Salah satu obyek wisata baru yang dapat anda kunjungi bersama keluarga dan orang-orang terdekat anda ialah Kali Kuning Park.

Kali Kuning Park terletak di Dusun Ngrangkah, Umbulharjo Cangkringan Sleman Yogyakarta.

Kali Kuning Park
Kali Kuning Park (Tribun Jogja/ Gilang Satmaka)

Kali Kuning Park tersebut dikelola oleh Taman Nasional Gunung Merapi yang juga membentuk kelompok Pemberdayaan masyarakat guna ikut melestarikan dan menjaga alamnya.

Tempat ini mulai di kembangkan menjadi tempat wisata pada pertengahan Januari tahun 2017 lalu. Lalu pada pertengahan bulan Februari, tempat ini mulai dibuka untuk umum.

Menurut Suharyana selaku Kepala Resort Cangkringan TNGM (Taman Nasional Gunung Merapi), tempat tersebut perlu dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat sekitar.

"Setelah erupsi Merapi lalu, pihak taman Nasional Gunung Merapi memiliki ide untuk mengembangkan tempat tersebut menjadi salah satu kawasan wisata, karena kawasan tersebut memiliki panorama alam yang berpotensi menjadi salah satu tujuan wisata. Yang terpenting adalah agar tempat tersebut, tidak hanya terbengkelai pascaerupsi Merapi," papar Suharyana.

Ia juga mengajak masyarakat di sekitar lokasi tersebut untuk terlibat langsung menjaga dan merawat alam yang ada di lokasi tersebut.

Halaman
123
Penulis: gsk
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help