Penghasilan Parkir FKY #29 Capai Rp 1 Juta per Hari

Penghasilan tersebut bukan hasil perhitungan gabungan dua lahan parkir utama yang ada, namun dari dua kantung parkir di masing-masing lahan.

Penghasilan Parkir FKY #29 Capai Rp 1 Juta per Hari
magangtribunjogja/fitriana hadi
Yoyok (54) mengatur motor di lahan parkir pelataran Planet Pyramid. Dalam sehari, jumlah motor pengunjung FKY #29 dapat mencapai angka 500 motor. 

Laporan Reporter Magang Tribun Jogja, Fitriana Hadi

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL – Penghasilan dari lahan parkir Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-29 yang berada di sekitar Planet Pyramid terbilang cukup besar dalam sehari.

Yoyok (54), Koordinator Lapangan Parkir yang bertugas di halaman kantor Dinas Perhubungan Pengujian Kendaraan Bermotor menuturkan pada Minggu (30/7/2017), “Bisa dapat satu juta lebih.”

Sementara itu, ketika sedang ramai-ramainya, penghasilan bisa melonjak cukup drastis.

“Malam minggu (weekend) seperti semalam itu bisa dapat sejuta dua ratus ribu. Bisa lebih malah,” terang Yoyok.

Penghasilan tersebut bukan hasil perhitungan gabungan dua lahan parkir utama yang ada, namun dari dua kantung parkir di masing-masing lahan.

Terdapat tiga lahan parkir utama di sekitar Planet Pyramid, yakni halaman depan Kantor Dinas Perhubungan Pengujian Kendaraan Bermotor, Halaman SMA Negeri 1 Sewon, dan di pelataran Planet Pyramid sendiri.

Dua lahan parkir pertama ditujukan bagi pengunjung umum, dengat tiket parkir motor sebesar Rp. 2000,- dan mobil Rp. 3000,-.

Sementara lahan parkir di Planet Pyramid khusus untuk panitia maupun tenant yang membukan stan di FKY #29 sehingga digratiskan.

Lahan parkir alternatif juga disediakan di sepanjang pinggiran Jl. Parangtritis dan Kantor Samsat Sewon.

Menurut Yoyok, Pihak FKY 29 melibatkan warga sekitar agar turut membantu mengatur parkir pengunjung.

Salah satu pedukuhan yang pemudanya ikut terlibat mengatur parkir adalah Dukuh Tarudan.

“Tapi saya kurang mengerti teknis pembagian hasil dengan warga dukuhnya. Tugas saya hanya mengendalikan parkir supaya aman dan tidak macet,” ungkap Yoyok.

Dalam sehari, dibutuhkan hingga 14 orang yang terlibat mengamankan parkiran.

14 orang ini terdiri dari empat pemuda dukuh, empat karyawan Planet Pyramid, dua orang security, dan dua orang kasir. (Mg1)

Editor: oda
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved