TribunJogja/

Proyek Toilet Underground Malioboro Kini Masuk Tahap Penyelesaian Struktur Bangunan

Pengerjaan yang tidak bisa dilakukan siang dan malam itu dikarenakan saat mencabut shet pile menghasilkan getaran

Proyek Toilet Underground Malioboro Kini Masuk Tahap Penyelesaian Struktur Bangunan
Pemda DIY
Toilet Underground 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Revitalisasi Malioboro yang dikerjakan secara paralel pada 2017 ini adalah area pedestrian tahap II dan juga toilet underground yang ditargetkan rampung pada November 2017 mendatang.

Pelaksana Lapangan Toilet Underground, Wintawan Alka Putranto, mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang mengerjakan tangga menuju toilet underground sembari menyelesaikan pencabutan shet pile atau besi yang digunakan untuk menahan tanah agar tidak longsor, yang sudah tercabut sekitar 100 besi dari total 209 besi yang ada.

"209 besi ditargetkan rampung (tercabut) dua minggu. Ini (kemarin) sudah mendapatkan lima hari. Estimasi dua minggu itu jika bisa dikerjakan siang dan malam," bebernya ketika dihubungi Tribun Jogja, Jumat (28/7/2017).

Menurutnya, pengerjaan yang tidak bisa dilakukan siang dan malam itu dikarenakan saat mencabut shet pile menghasilkan getaran yang sangat terasa sehingga mengganggu aktifitas perkantoran yang ada di sekeliling proyek.

"Maka harus dilakukan di luar jam kerja. Di bawah saja getarannya terasa apalagi di atas, itu kan lebih kerasa lagi," tambahnya.

Setelah tercabut, lanjutnya, pengerjaan di dalam dilakukan dengan fokus pada dinding yang masih dicor plat. Pihaknya merapikan dinding dan lanti agar rata dan tidak bergelombang.

"Setelah itu baru kita melaksanakan pemasangan instalasi, keramik, toilet, dan sebagainya. Jadi di sini yang berjalan bersamaan ME (instalasi listrik) dan arsitekturnya. Kalau strukturnya sudah selesai, tinggal tangga. Sedang dikerjakan tangganya," urai Wintawan. (*)

Penulis: kur
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help