TribunJogja/
Home »

DIY

» Bantul

Festival Kesenian Yogyakarta 2017 akan Dipusatkan di Bantul

FKY 29 tahun ini akan mengedepankan persepsi artistik yang berbeda, sekaligus untuk melihat perkembangan potensi di tempat yang baru.

Festival Kesenian Yogyakarta 2017 akan Dipusatkan di Bantul
Winda Rahayu
Pasar Seni FKY ke-28 bertempat di kompleks taman kuliner Condong Catur Jl. Anggajaya III Gejayan, Condongcatur, Depok Sleman, Kamis (25/8/2016). (ilustrasi) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Dwi Nourma Handito

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Kesenian Yogyakarta (FKY)'>Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) akan kembali digelar tahun ini. FKY 2017 akan digelar tempat baru yakni di Kabupaten Bantul, tepatnya di Planet Pyramid, Jalan Parangtritis Km 5,5, Sewon, Bantul mulai 27 Juli 2017 hinga 13 Agustus 2017 mendatang.

Seperti diketahui, FKY penyelengaraan sebelumnya digelar di Taman Kuliner, Condongcatur, Sleman.

FKY 29 tahun ini akan mengedepankan persepsi artistik yang berbeda, sekaligus untuk melihat perkembangan potensi di tempat yang baru. FKY 29 akan mengambil tema besar "Umbar" dan sub judul Mak Byarr.

Dengan tema Umbar, diharapkan FKY 29 bisa menjadi ruang festival di mana masyarakat bisa sejenak melepas kepenatan.

Selain juga mendapatkan ruang kesegaran baru. Pemilihan tempat di Bantul juga merupakan sebuah eksperimen tersendiri dari penyelenggara.

FKY 29 diperlakukan sebagai ruang apresiasi dan juga wadah untuk menemukan tradisi yang khas di dalam ekosistem kesenian di Yogyakarta.

Dipindahnya tempat penyelengaraan ke Bantul atau Yogyakarta bagian selatan dimaksudkan untuk berusaha mendekati produsen seni kreatif yang banyak ada di Bantul.

"Kali ini memang kami bereksperimen bagaimana pasar di Bantul, bagaimana pengunjung dari utara mau berkunjung ke Bantul. Ini akan berhasil atau tidak, ini sebenarnya kami merasa diumbar untuk melakukan banyak hal dan kami semua tidak tahu hasilnya seperti apa," kata Direktur Bagian Umum FKY 29, Setyo Harwanto dalam jumpa media di Planet Pyramid, Selasa (25/7/2017).

Dengan tema yang diusung pada FKY 29 ini, Wakil Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Singgih Raharjo mengatakan selain ada nuansa untuk beristirahat dari kepenatan festival juga akan diberikan kejutan kejutan bagi pengunjung.

Halaman
12
Penulis: dnh
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help