Pimwan Dua Kali Skors Rapat Verifikasi Dokumen Cagub Cawagub

ini hari terakhir Pansus Penetapan menyelesaikan tugasnya hingga membuat berita acara verifikasi dokumen yang menyatakan semua dokumen lengkap.

Pimwan Dua Kali Skors Rapat Verifikasi Dokumen Cagub Cawagub
tribunjogja/kuniatul hidayah
Suasana ruang rapat verifikasi dokumen penetapan saat skors, Senin (24/7/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Panitia khusus (Pansus) Penetapan Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) masa jabatan 2017-2022 belum mencapai kesepakatan verifikasi dokumen Cagub terkait adanya dua nama Gubernur DIY.

Rapat pun diskors dan akan dilanjutkan pukul 15.30 dengan mendatangkan pihak Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat terkait verifikasi dan klarifikasi dua nama Sultan yang dikeluarkan pihak Kasultanan, yakni Hamengku Buwono X dan Hamengku Bawono Ka 10.

Ketua DPRD DIY, Yoeke Indra Agung Laksana yang bertindak sebagai pimpinan rapat mengatakan bahwa ini merupakan hari terakhir Pansus Penetapan menyelesaikan tugasnya hingga membuat berita acara verifikasi dokumen yang menyatakan semua dokumen lengkap dan memenuhi syarat.

"Sesuai dengan aturan, maka kinerja kita tujuh hari. Ini adalah hari terakhir," jelasnya dalam rapat, Senin (24/7/2017).

Awalnya Yoeke memberikan pilihan, bila sampai akhir rapat belum mendapati kata sepakat terkait nama Cagub tersebut, maka akan ditentukan dengan sistem voting.

Namun hal tersebut mendapatkan banyak penolakan dari anggota pansus.

Pada akhirnya seluruhnya sepakat mendatangkan pihak Keraton untuk klarifikasi dua nama tersebut ke forum pada hari ini juga.

Sebelumnya, agenda verifikasi dokumen administrasi persyaratan Cagub dan Cawagub diagendakan dimulai pukul 10.00 dan selesai pukul 13.00.

Namun rapat yang baru dimulai sekira pukul 11.00 tersebut harus diskors karena berbenturan dengan jadwal Rapat Banmusy yang harus dihadiri pimpinan dewan.

Rapat Pansus Penetapan yang harusnya bisa dimulai kembali pada pukul 13.00 pun baru dibuka sekira pukul 14.30.

Skors kedua kembali ditetapkan pimpinan ketika dalam rapat tersebut, pihak pansus menunggu kedatangan pihak Keraton untuk mengklarifikasi dua nama Sultan. (*)

Penulis: kur
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help