TribunJogja/

Pemkab Gunungkidul Sediakan 40 Kursi Untuk Transmigrasi

Beberapa daerah yang menjadi tujuan transmigran yakni Sumatera dan Sulawesi.

Pemkab Gunungkidul Sediakan 40 Kursi Untuk Transmigrasi
TRIBUNJOGJA.COM | OBED DONI ARDIYANTO
Para transmigran yang akan diberangkatkan. (ilustrasi) 

RIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menyediakan kuota sebanyak 40 Kepala Keluarga (KK) dalam program transmigrasi ke sejumlah daerah.

Beberapa daerah yang menjadi tujuan transmigran yakni Sumatera dan Sulawesi.

"Kami sediakan slot sebanyak 40 untuk warga Gunungkidul yang berminat mengikuti program transmigrasi pads tahun 2017 ini, " ujar Tommy Harahap, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gunungkidul, Minggu (16/7/2017).

Sementara untuk tujuan pemberangkatan tersebar di berbagai wilayah di Indonesia seperti di Poliwali Mandar, Sumatera Selatan, Banjarmasin, Sumatera Barat, sampai Sumatera Selatan.

"Kami telah membangun kemitraan di masing-masing Pemda setempat, agar para transmigran mendapatkan fasilitas di daerah tujuan," ujar Tommy.

Tommy mengatakan, calon keluarga transmigran sebelumnya akan diberikan pembekalan terlebih dahulu di Balai Besar Latihan Kerja (BBLK) Yogyakarta sebelum dikirim ke daerah tujuan.

Sementara itu, Kepala Bidang Transmigrasi Disnakertrans Gunungkidul, Basuki, mengatakan, tahun 2016 lalu, Gunungkidul mendapatkan kuota transmigrasi sebanyak 40 KK, dengan jumlah pendaftar mencapai 30 KK.

Jumlah transmigrasi untuk tahun 2017 ini meningkat dari tahun 2016 lalu. Jumlah ini terus meningkat dibandingkan kuota transmigrasi untuk tahun 2015 lalu, hanya sebanyak 15 slot yang terisi.

"Sementara itu untuk tahun 2017 ini kami sediakan sebanyak 40 kuota, namun keputusan pemberangkatan nanti menyesuaikan dari pusat," ujarnya. (*)

Penulis: rfk
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help