TribunJogja/

Mahasiswa UNY Kembangkan Tottebag Preimum Rasa Ornamen Nusantara

Lima mahasiswa yang tergabung dalam tim PKM Kewirausahaan UNY mengembangkan bisnis tottebag premium yang mengangkat warisan budaya Indonesia

Mahasiswa UNY Kembangkan Tottebag Preimum Rasa Ornamen Nusantara
ist
Tottebag premium yang mengangkat warisan budaya Indonesia berupa ornamen Nusantara. 

TRIBUNJOGJA.COM - Lima mahasiswa yang tergabung dalam tim PKM Kewirausahaan UNY mengembangkan bisnis tottebag premium yang mengangkat warisan budaya Indonesia berupa ornamen Nusantara.

Ide awal pembuatan tottebag premium ini didasari dengan keprihatinan terhadap penawaran desain yang cenderung seragam dan terkesan kaku.

Selain itu, ornamen-ornamen yang ada hanya dipasarkan pada lingkup terbatas sehingga banyak orang di luar suku tempat ornamen tersebut berasal kurang paham dengan ornamen tersebut.

Pemasaran tottebag yang dilakukan tim yang beranggotakan Saptari bersama keempat rekannya Venera Zara Felustra, Anisa Nuur Wakhidah, Milda Ulya Rahmah, dan Muhammad Harfiansyah Makarim ini tidak hanya berkutat di ranah lokal DIY saja.

Tetapi sudah merambah pada ranah internasional.

Produk yang dapat dibeli secara online melalui instagram dengan username @ornusbag dan dibandrol dengan harga dari Rp 80.000,00 - Rp 150.000,00.

Menurut Saptari memiliki banyak keunggulan dibandingkan tottebag sejenisnya di pasaran.

“Produk ORNUSBAG mempunyai banyak kelebihan dari berbagai segi. Produk ini disisipi keterangan ornamen pada produk untuk mengedukasi konsumen tentang ornamen Indonesia. Semua material yang digunakan ramah lingkungan baik dari kain kanvasnya maupun cat lukisnya. Sroduk dijual dengan harga terjangkau, tetapi tetap memertahankan kualitas yang baik; dan desain produk limited edition sehingga terkesan eksklusif,” ucap Saptari.

Lanjut Saptari, ia dan rekan-rekannya akan semakin memperluas pemasaran sehingga dapat bersaing dalam pasar bebas MEA dan semakin dapat menambahkan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap warisan budayanya. (*)

*Oleh: Milda Ulya, Mahasiswi UNY

Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help