TribunJogja/

Seru, Rayahan Gunungan Kasih di Alun-alun Bejiharjo

Keramaian melibatkan warga berbagai dusun ini bagian dari prosesi kirab persembahan undhuh-undhuh Gereja Kristen Jawa (GKJ) Bejiharjo.

Seru, Rayahan Gunungan Kasih di Alun-alun Bejiharjo
tribunjogja/setya krisna sumargo
Kirab Gunungan Kasih di Alun-alun Bejiharjo. 

TRIBUNJOGJA.COM, WONOSARI - Ratusan orang tumpah ruah memadati Alun-alun Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, merayah sejumlah gunungan kasih yang dikirab, Minggu (9/7/2017).

Rayahan gunungan kasih ini menjadi puncak dari kehebohan acara. Ada yang mendapatkan gayung, baki plastik, kaus, mi instan, wadah minuman, aneka hasil bumi seperti terong, sayur mayur dan buah segar.

Keramaian melibatkan warga berbagai dusun ini bagian dari prosesi kirab persembahan undhuh-undhuh Gereja Kristen Jawa (GKJ) Bejiharjo yang digelar setahun sekali.

Tahun ini tradisi pisungsung undhuh-undhuh dikemas secara berbeda karena untuk pertama kali diwarnai rayahan gunungan dan kirab bregada prajurit ala Keraton Yogyakarta serta tiga grup seni Reog Gunungkidul dari Ngringin, Gunungsari dan Karanganom.

Kirab sepanjang kurang lebih 1,5 kilometer ini diikuti warga GKJ Bejiharjo dari wilayah Kulwo, Ngringin, Gunungsari, Grogol, dan Karanganom.

Ada lima gunungan besar, tiga gunungan hasil bumi, dan dua gunungan terdiri rangkaian makanan, minuman, serta alat-alat rumah tangga termasuk 20 kaus oblong.

Kirab Gunungan Kasih di Alun-alun Bejiharjo.
Kirab Gunungan Kasih di Alun-alun Bejiharjo. (tribunjogja/setya krisna sumargo)

Dimulai dari halaman SDN Banyubening I, kirab dibuka iring-iringan bregada prajurit terdiri warga Dusun Kulwo, baik yang beragama Kristen maupun nonKristen.

Selanjutnya diikuti parade gunungan hasil bumi, ternak, dan aneka produk konsumsi yang dibawa puluhan perwakilan wilayah baik diusung, digendong, maupun naik kendaraan roda dua dan empat.

"Gunungan sebagai ekspresi ungkapan syukur, sekaligus menjadi piranti penjambung kebersamaan dengan sesama lintas agama sekalipun," kata Hargo Warsono, anggota Majelis GKJ Bejiharjo mewakili panitia acara. (*)

Penulis: xna
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help