TribunJogja/

Pemkab Gunungkidul Belikan Kapal Baru untuk SAR

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul membelikan kapal baru untuk Search And Rescue (SAR) Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas)

Pemkab Gunungkidul Belikan Kapal Baru untuk SAR
Tribun Jogja/Rendika F
Pemerintah Kabupaten Gunungkidul membelikan kapal baru untuk Search And Rescue (SAR) Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kabupaten Gunungkidul. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul membelikan kapal baru untuk Search And Rescue (SAR) Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kabupaten Gunungkidul.

Kapal senilai Rp 140 juta ini, diharapkan menjadi fasilitas pendukung dalam operasional dan upaya penyelamatan tim SAR.

"Rencananya akan kami gunakan untuk mendukung operasional tim SAR, dalam upaya penyelamatan dan kegiatan lainnya di laut," ujar Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Suhendra, Rabu (5/7).

Dikatakannya, kapal cepat tersebut memiliki mesin berkekuatan 40 PK, dibeli langsung melalui lelang pengadaan barang dari CV Maju Bangkit di Sidoarjo, Jawa Timur.

Meskipun kapal belum memiliki peralatan navigasi dan hanya memiliki ruang kabin sederhana yang terbuat dari lapisan fiber, kapal sudah dapat digunakan untuk operasional tim SAR.

"Ditambah kapal tersebut, tim SAR telah memiliki jukung, kapal besar lima groston, dan satu jetski," ujarnya.

Selain kapal cepat ada pula sejumlah perlengkapan lainnya yang ditambahkan seperti pelampung dan alat selam.

Tahun 2017 ini total pengadaan berkisar Rp 180 juta.

Sementara itu, Koordinatro SAR Satlinmas Wilayah I Gunungkidul, Sunu Handoko Bayu Sagara, mengakui selama ini peralatan yang dimiliki tim SAR masih sangat terbatas.

Sehingga dengan adanya tambahan kapal cepat ini, maka operasional dapat berjalan lancar. "Upaya penyelematan juga dapat lebih cepat," ujarnya.

Rencananya, kapal tersebut akan di tempatkan di Pelabuhan Perikanan Pantai Sadeng, Kecamatan Girisubo dalam wilayah SAR Satlimnas Wilayah I Gunungkidul.

Namun juga dapat dioperasionalkan di wilayah Satlinmas terdekat. (tribunjogja.com)

Penulis: rfk
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help