TribunJogja/

Tren Wisata di Kulonprogo Mulai Bergeser dari Pantai ke Pegunungan

Dinas Pariwisata setempat pun tak lagi berani mematok tinggi angka kunjungan di objek wisata berestribusi

Tren Wisata di Kulonprogo Mulai Bergeser dari Pantai ke Pegunungan
Tribun Jogja/ Yoseph Hary W
Seorang pengunjung menikmati suasana kawasan Laguna Pantai Glagah, beberapa waktu lalu. Laguna menjadi salah satu titik di kawasan Pantai Glagah yang bakal dimaksimalkan sebagai potensi wisata Kulonprogo. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Minat kunjungan wisatawan di Kulonprogo kini mulai bergeser ke objek-objek wisata baru yang dikelola masyarakat.

Dinas Pariwisata setempat pun tak lagi berani mematok tinggi angka kunjungan di objek wisata berestribusi yang dikelola pemerintah daerah.

Kepala Seksi Objek Daya Tarik Wisata Dinpar Kulonprogo, Didik, mengatakan bahwa tingkat kunjungan wisata di sejumlah objek beretribusi Pemda seperti Pantai Glagah dan Pantai Congot sejauh ini masih cukup tinggi.

Pada musim libur Lebaran kemarin, jumlah kunjungan tercatat mencapai 34.224 wisatawan sepanjang Minggu (25/6/2017) sampai Jumat (30/6/2017) mencapai sebanyak 34.224 orang.

Namun begitu, sudah mulai tampak tren pergeseran animo masyarakat dalam berwisata. Sejumlah objek wisata yang dikelola masyarakat seperti Kalibiru dan Waduk Sermo kini mulai jadi primadona wisatawan.

Hal ini menurutnya lantaran tempat tersebut tak hanya menawarkan pemandangan alam melainkan juga dilengkapi berbagai atraksi dan spot berfoto yang menarik pengunjung.

“Wisatawan mulai jenuh dengan wisata pantai. Lalu ada pergeseran minat dari pantai ke wisata alam pedesaan atau pegunungan,” kata Didik, Senin (3/7/2017).

Maka itulah, pihaknya tak berani pasang target pengunjung yang muluk-muluk kelewat tinggi.

Selain adanya pergeseran minat wisatawan, jumlah pengunjungnya di objek berestribusi ini juga sangat dipengaruhi faktor alam dan geografis.

Selain itu, Pantai Glagah-Congot merupakan kawasan terdampak pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang saat ini sudah mulai dipasangi pagar pembatas. (*)

Penulis: ing
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help