TribunJogja/

Arus Balik, Ribuan Pemudik Bertolak dari Gunungkidul

puncak arus balik sudah terjadi pada hari plus tiga lebaran, baik jumlah kendaraan maupun penumpang mengalami peningkatan.

Arus Balik, Ribuan Pemudik Bertolak dari Gunungkidul
tribunjogja/rendika ferri k
Suasana arus balik di terminal dhaksinarga Gunungkidul, Minggu (2/7/2017). Ribuan masyarakat bertolak meninggalkan Gunungkidul kembali ke daerah. perantauan. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Sepekan selepas lebaran, ribuan pemudik bertolak meninggalkan Kabupaten Gunungkidul untuk kembali ke perantauan.

Pemudik menggunakan baik kendaraan pribadi, maupun kendaraan umum, dengan tujuan seperti Jakarta, Bandung, Bogor, dan beberapa wilayah Sumatera.

Koordinator Pos Harian Terminal Dhaksinarga, Bayu Setyawan, mengatakan, sudah terjadi peningkatan aktivitas di Terminal Dhaksinarga, Selang, Wonosari, Gunungkidul bahkan sejak hari plus satu lebaran hingga hari ini, Minggu (2/7/2017).

Ia menuturkan, puncak arus balik sudah terjadi pada hari plus tiga lebaran, baik jumlah kendaraan maupun penumpang mengalami peningkatan.

Sebanyak 2.343 penumpang bertolak meninggalkan Gunungkidul dengan armada sebanyak 76 angkutan.

"Jumlah penumpang mengalami peningkatan dibandingkan tahun kemarin. Kenaikan ini tercatat paling banyak pada hari plus tiga lebaran, dengan penumpang sekitar 2 ribu lebih," ujar Bayu, Minggu (2/7/2017).

Tambah Bayu, untuk hari Minggu (2/7/2017). diperkirakan sebanyak 1.500 hingga 2.000 penumpang bertolak meninggalkan Gunungkidul dengan armada bus baik regular ataupun carter sebanyak 60 bus.

"Tujuan pemudik paling banyak menuju kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Bogor dan juga sebagian daerah di Sumatera," ujarnya.

Bayu mengatakan, kendati libur lebaran sudah usai, namun arus balik diperkirakan masih akan terjadi hingga Senin (3/7/2017) dan Selasa (4/7/2017) mendatang.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: oda
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help