TribunJogja/

Kisah Masa Kecil Obama di Yogyakarta Itu Ternyata Sama dengan Kisah Masa Lalu Kita, "Suka Bermain"

Obama punya kenangan tinggal di kompleks perumahan dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) tepatnya di Bulaksumur Blok D/7, Yogyakarta.

Kisah Masa Kecil Obama di Yogyakarta Itu Ternyata Sama dengan Kisah Masa Lalu Kita,
KOMPAS.com/Wijaya Kusuma
Rumah di Bulaksumur Blok D7 yang sering dikunjungi Barack Obama kecil untuk menghabiskan waktu liburanya. 

TRIBUNJOGJA.COM - Yogyakarta melekat dalam kenangan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.
Maklum, saat liburan sekolah kala masih tinggal di Menteng, Jakarta, Obama kecil selalu berkunjung ke Yogya dan disambut hangat nenek tirinya.

Obama punya kenangan tinggal di kompleks perumahan dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) tepatnya di Bulaksumur Blok D/7, Yogyakarta.

Kini rumah tersebut telah diubah menjadi museum yang dikelola oleh UGM yang kemudian dikenal dengan sebutan Museum UGM. Rumah bergaya klasik dengan warna putih itu hingga kini begitu terlihat asri.

Widodo, salah satu pendiri sekaligus pengelola Museum UGM, mengatakan, Obama kerap menginap di rumah pamannya, Prof dr Iman Sutiknjo, di Bulaksumur Blok D7 Caturtunggal, Depok, Sleman.
Iman adalah Dekan Fisipol UGM pada masa itu. Istrinya merupakan kakak dari Dr Soetoro, ayah tiri Obama.

"Ketika Obama kecil tahun 1967 -1971, itu sekolahnya kan di Menteng, Jakarta dan kalau libur panjang selalu menghabiskan liburannya di Bulaksumur Blok D7. Karena nenek tirinya juga tinggal di sana," ucap Widodo.
Widodo menyampaikan, ibunda Dr Soetoro sangat menyayanginya. Setiap kali Obama kecil datang berlibur ke rumah di Bulaksumur Blok D7 Caturtunggal, neneknya selalu memanjakannya.

"Neneknya itu sangat sayang sekali dengan Obama. Setiap datang selalu dimanjakan sama neneknya," tegasnya.
Salah satu bentuk sayang nenek kepada Obama adalah dengan sering membelikan ayam ingkung (ayam utuh).

"Neneknya sayang sekali dengan Obama kecil. Beliau suka membelikan ayam utuh atau ingkung ayam, karena Obama kecil suka ayam ingkung," ungkapnya.

Selain itu, seperti layaknya anak-anak lainya, Obama kecil selalu mengisi liburannya dengan memanjat pohon jambu yang ada di depan rumah pamannya itu.

"Obama itu dulu sering bermain, memanjat pohon jambu yang di depan rumah," katanya.
Ia juga sering bermain di sekitar Ngasem dan kompleks Tamansari sekitar 1977.

Obama kecil waktu itu juga seperti bocah-bocah pada umumnya. Obama suka bermain petak umpet, badminton, dan sebagainya dengan teman sebaya di Yogyakarta.

Adik tiri Obama, Maya Soetoro, pada 11 Juni 2013 pernah mengunjungi rumah yang pernah ia tinggali itu. Maya turut didampingi Rektor UGM Prof Dr Pratikno.

Di dalam museum, terdapat berbagai benda yang berkaitan dengan Obama. Seperti tempat tidur hingga foto sewaktu Obama masih kecil.

Salah satu yang menarik adalah figura dengan foto Obama kecil yang tersenyum. Di foto itu tertulis 'Ruang Barry (Barack Hussein Obama)'.

"Semasa kecil, Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama pernah menghabiskan sebagian waktunya di rumah ini. Biasanya saat libur panjang puasa (1967-1971) dengan kereta api, ia pergi ke Yogyakarta bersama ibunya, Ann Dunham, dan ayah tirinya, Dr Soetoro," tulis penggalan teks dalam foto. (tribun jogja edisi cetak)

Editor: ribut raharjo
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help