TribunJogja/
Home »

Jawa

THR PNS Klaten Cair Mulai Hari Ini, Gaji Ke-13 Tunggu Pusat

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Klaten, Sunarno memastikan pembayaran THR PNS akan dilakukan pada Selasa ini.

THR PNS Klaten Cair Mulai Hari Ini, Gaji Ke-13 Tunggu Pusat
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Gaji ke-14 atau tunjangan hari raya (THR) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Klaten mulai dibayarkan Selasa (20/6).

Hal tersebut menyusul terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 26 Tahun 2017 tentang tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) kepada Pimpinan dan Pegawai Non Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pada Lembaga Non Struktural (LNS).

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Klaten, Sunarno memastikan pembayaran THR PNS akan dilakukan pada Selasa ini.

Dana yang digunakan untuk pembayaran gaji ke-14 ini segera ditransfer dari kas daerah ke rekening masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Besok akan dibayarkan oleh masing-masing OPD. Terserah bendahara dibayarkan secara tunai atau lewat rekening masing-masing PNS," katanya ditemui usai rapat koordinasi di kantor Bupati Klaten, Senin (19/6/2017).

Adapun besaran gaji ke-14 adalah gaji pokok dalam satu bulan. Gaji yang diberikan tanpa disertai tunjangan dan potongan.

"Besarnya satu kali gaji pokok, tidak ada tunjangan atau potongan," ungkapnya.

Menurutnya sesuai ketentuannya gaji ke-14 merupakan tunjangan khusus hari raya. Sehingga pembayarannya pun dilakukan menjelang Idul Fitri.

"Pembayaran gaji ke-14 baru dilakukan dua kali, tahun 2016 dan 2017. Sesuai PP yang terbitkan Pusat, ketentuannya memang sebagai THR bagi PNS," paparnya.

Berbeda dengan gaji ke-13, Sunarno menjelaskan pembayarannya belum tentu saat menjelang Idul Fitri.

Pasalnya secara ketentuannya, gaji ke-13 digunakan untuk membantu kebutuhan PNS khususnya saat memasuki tahun ajaran pendidikan baru.

"Khususnya bagi PNS yang masih memiliki tanggungan anak sekolah, sehingga diharapkan bisa membantu biaya pendidikannya. Kalaupun dibayarkan menjelang Idul Fitri seperti tahun lalu, itu hanya kebetulan waktunya berdekatan," ujarnya menjelaskan. 

Selain ketentuan, besaran nominal antara gaji ke-13 dan ke-14 pun berbeda. Untuk gaji ke-13, setiap PNS akan menerima gaji satu bulan secara utuh beserta tunjangannya dan tanpa adanya potongan.

"Tapi pembayarannya kapan, belum bisa dipastikan. Pemkab Klaten masih menunggu PP dari Pusat. Bisa jadi sebelum lebaran atau sesudahnya," kata dia. (*)

Penulis: ang
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help