TribunJogja/

Aneka Kuliner Lezat Menggoda Selera yang Wajib Anda Santap Bila Mampir di Pecinan Semarang

Bazar kuliner di akhir pekan ini menyuguhkan banyak sekali ragam kuliner mulai tradisional, khas Semarang, kuliner langka, sampai kuliner kekinian.

Aneka Kuliner Lezat Menggoda Selera yang Wajib Anda Santap Bila Mampir di Pecinan Semarang
(KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia)
Pisang plenet pak Tuko yang tersembunyi di kawasan Pasar Malam Semawis, Pecinan, Semarang. 

TRIBUNJOGJA.COM - Berburu kuliner malam saat mudik di Semarang, Anda perlu mengunjungi Pasar Semawis atau yang biasa disebut dengan Pecinan Semarang.

Bazar kuliner di akhir pekan ini menyuguhkan banyak sekali ragam kuliner mulai tradisional, khas Semarang, kuliner langka, sampai kuliner kekinian.

KompasTravel bersama tim Merapah Trans Jawa, sempat memilih ragam kuliner sesaat setelah memantau arus mudik lebaran 2017.

Ratusan pedagang berjajar sepanjang satu kilometer di Jalan Semawis, mula pukul 17.00-22.00. Agar Anda tidak bingung, berikut pilihan kuliner jika Anda berkunjung ke Pasar Semawis Pecinan Semarang.

1.  Aneka Seafood

Di sepanjang jalan ini Anda bisa menemukan beberapa penjual seafood. Mereka menjual hasil laut tersebut dalam keadaan segar yang baru dibumbui dan dibakar ketika pembeli datang.

Ragam pilihannya seperti cumi, udang, aneka ikan, kerang, hingga olahan seperti bakso ikan. Makanan mentah tersebut dibalut aneka bumbu rempah, seperti rica-rica, saos tiram, asam pedas, dan yang lainnya. Harganya mulai Rp 15.000 untuk seporsi kerang.

Penjual seafood-seafood segar kerap dijumpai di Pasar Semawis.(KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA)
Penjual seafood-seafood segar kerap dijumpai di Pasar Semawis.(KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA) ()

2. Es hawa yang Kian Langka
 

Salah satu hidangan unik yang akan membuat Anda kembali ke masa lalu ialah Es Hawa khas Pekalongan ini. Menurut penjualnya, di Pekalongan pun es ini kian langka, jarang keturunannya yang mau diwariskan.

Es hawa, salah satu camilan klasik yang ada di Pecinan, Semarang, Jumat (16/6/2017). Terbuat dari kelapa dan santannya, yang dibekukan dengan cara digoyang dan direndam dalam es batu.(KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA)
Es hawa, salah satu camilan klasik yang ada di Pecinan, Semarang, Jumat (16/6/2017). Terbuat dari kelapa dan santannya, yang dibekukan dengan cara digoyang dan direndam dalam es batu.(KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA) ()

Cita rasa es ini manis gurih karena terbuat dari kelapa, dan bubuk cokelat. Anda bisa melihat proses pembuatannya yang terbilang unik saat membeli. Satu es hawa ini hanya Rp 2.000 - Rp 2.500.

Halaman
12
Editor: dik
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help