TribunJogja/

Andong Hingga Taksi Dilarang Ngetem di Kawasan Malioboro

Para pemudik diminta mematuhi kawasan parkir. Sehingga, tidak menimbulkan tersendatnya arus lalu lintas di beberapa ruas jalan.

Andong Hingga Taksi Dilarang Ngetem di Kawasan Malioboro
Tribun Jogja/Khaerur Reza
Suasana lalu lintas di jalan Malioboro terpantau lancar 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wali Kota Yogyakarata, Haryadi Suyuti meminta para pengemudi andong, becak, hingga taksi untuk tidak berlama-lama mangkal di jalan kawasan Malioboro.

Pasalnya, hal ini akan berdampak pada kemacetan selama libur Lebaran.

“Kami ingatkan mereka untuk tidak berhenti di jalan sepanjang Malioboro karena akan menimbulkan kemacetan,” jelasnya, akhir pekan lalu.

Dalam kesempatan itu, Haryadi juga mengingatkan agar para pemudik bisa mematuhi kawasan parkir. Sehingga, tidak menimbulkan tersendatnya arus lalu lintas di beberapa ruas jalan.

Selain itu, untuk hiburan angklung pun sudah dilarang sejak H-7 hingga H+7 untuk beraksi di kawasan jalan sepanjang Malioboro.

Mereka nantinya akan dibuatkan space khusus agar tidak menimbulkan penumpukan orang dan menyebabkan kemacetan.

Wakil Wali Kota, Heroe Poerwadi pun mengaku tengah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi potensi permasalahan selama Lebaran di Malioboro.

Di antaranya, menyiapkan peta berisi informasi mengenai lokasi parkir, ruas jalan yang berpotensi mengalami kepadatan hingga jalur alternatif.

Menurutnya, kepadatan yang terjadi di sejumlah ruas jalan saat libur Lebaran lebih banyak disebabkan karena wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi berputar-putar mencari lokasi parkir.

Jika ada informasi mengenai lokasi parkir yang bisa digunakan, maka diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas.

“Informasi mengenai lokasi parkir atau kondisi arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan akan disampaikan melalui papan informasi, spanduk, hingga pesan singkat telepon selular atau melalui media sosial,” tegasnya. (*)

Penulis: ais
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help