TribunJogja/

Tyas Terinsipirasi Personifikasi Kecantikan Puteri Raja

Desainer muda kelahiran Yogyakarta ini menampilkan koleksi 'Rajkumari' yang dalam bahasa Hindi berarti Puteri Raja.

Tyas Terinsipirasi Personifikasi Kecantikan Puteri Raja
tribunjogja/bramasto adhy
Koleksi Rajkumari yang dalam bahasa Hindi berarti Puteri Raja 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Gaya Lufityanti

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tyas Santhi Fatmasari kembali memamerkan koleksi terbarunya yang memukau di hadapan pecinta fashion pada ajang Jogja Fashion Rendezvous (JFR) 2017.

Desainer muda kelahiran Yogyakarta ini menampilkan koleksi 'Rajkumari' yang dalam bahasa Hindi berarti Puteri Raja.

Dalam lini rancangan terbarunya, Tyas terinspirasi dari refleksi akulturasi dua budaya, yakni Jawa dan India.

Keduanya terwujud dalam sosok puteri raja yang merupakan personifikasi dari kecantikan, elegansi, glamourity sekaligus kharisma yang diagungkan dengan segala kemisteriusan pesonanya.

Tema ini hadir dari ketertarikan Tyas terhadap dua budaya yang memiliki kemiripan root culture. Jawa dan India yang dulu identik dengan kerajaan, keduanya memiliki satu simbol yang sama yang sering diperebutkan dalam lakon apapun, yaitu Puteri Raja.

"Rajkumari merupakan koleksi yang merefleksikan akulturasi dari dua budaya India-Jawa yang terwujud dalam siluet busana 'Lehenga, Shalwar dan Punjabi'," papar Tyas.

 Dalam tema unik ini, Tyas menggunakan perpaduan batik jaman dulu yang hanya digunakan oleh golongan raja, yakni Parang Gurdo.

Motif langka ini dipasangkan dengan motif Parang Klithik dan Pisang Bali yang menyerupai ukiran-ukiran pada kuil India Kuno.

Aksen batik tersebut diberi lapisan prada, kemudian diolah sedemikian rupa menjadi adi busana berjenis evening yang tetap memiliki ciri etnik kontemporer.

Halaman
12
Penulis: gya
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help