TribunJogja/

Ngaji Sehat On Facebook Bareng RS JIH

Tips Berpuasa Aman dan Sehat Bagi Ibu Menyusui

Ibu-ibu menyusui memang perlu memperhatikan beberapa tips yang penting bagi kesehatan tubuh dan bayinya.

Tips Berpuasa Aman dan Sehat Bagi Ibu Menyusui
Tribun Jogja/ Gilang Satmaka
dr.Intan Titisari, Sp.OG (Kanan), di dampingi dr. Yogha (Kiri) selaku moderator, sedang memberikan tips bagi ibu menyusui saat berpuasa, Jumat (16/6/2017) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bagi ibu menyusui, asupan nutrisi lebih banyak dibutuhkan di dalam tubuh.

Terutama saat puasa, ibu-ibu menyusui memang perlu memperhatikan beberapa tips yang penting bagi kesehatan tubuh dan bayinya.

Hal itu mengemuka dalam program acara Ngaji Sehat on Facebook Bersama Rumah Sakit JIH, Jumat (16/6/2017) kali ini, dr Intan Titisari, Sp.OG hadir sebagai narasumber.

Sebagai dokter spesialis kandungan, ia membagikan tips puasa bagi ibu menyusui kepada seluruh pemirsa dalam program acara yang disiarkan langsung oleh Tribun Jogja di Facebook.

Intan menyampaikan bahwa ibu menyusui tidak ada salahnya jika berpuasa selama usia bayi diatas 6 bulan.

"Kalau bayi di bawah usia 6 bulan dan ASI belum keluar dengan lancar, sebaiknya ibu tersebut boleh untuk tidak puasa, namun jika usia bayi sudah diatas 6 bulan sebaiknya ibu tersebut tetap berpuasa," ujar Intan.

Ia juga mengatakan bahwa berpuasa tidak mengurangi produksi dan kualitas ASI bagi ibu yang sedang menyusui.

Ia menambahkan selama asupan nutrisi dari ibu terus tercukupi dan konsumsinya teratur, kualitas serta produksi ASI akan tetap berjalan normal dan baik.

Dalam dialognya sore tadi, Intan juga memberikan saran kepada para ibu yang sedang menyusui untuk konsumsi nutrisi seimbang dan lengkap.

"Saat berbuka puasa atau sahur sebaiknya ibu yang sedang menyusui mengkonsumsi banyak protein, lemak serta karbohidrat. Tentunya dengan jumlah yang seimbang, agar kualitas serta produksi ASI tetap bagus dan berjalan normal," paparnya.

Halaman
12
Penulis: gsk
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help