TribunJogja/

Ngaji Sehat On Facebook Bareng RS JIH

[TIPS] Cara Sehat Hadapi Menu Hidangan saat Hari Raya

Anda juga harus berhati-hati serta mengontrol konsumsi menu-menu tersebut, agar terhindar dari penyakit.

[TIPS] Cara Sehat Hadapi Menu Hidangan saat Hari Raya
Tribun Jogja/ Gilang Satmaka
Yeni Prawiningdyah, SKM., M.Kes (Kanan), sedang berdialog dengan dr. Yogha dalam acara Ngaji Sehat On Facebook, di Rumah Sakit JIH, Kamis (15/6/2017). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Beragam menu hidangan di hari raya bisa anda jumpai di sekeliling anda dan tentunya bisa anda nikmati bersama keluarga.

Namun anda juga harus berhati-hati serta mengontrol konsumsi menu-menu tersebut, agar terhindar dari penyakit.

Hal itu mengemukan dalam program acara Ngaji Sehat On Facebook Bersama Rumah Sakit JIH, yang menghadirkan narasumber Yeni Prawiningdyah, SKM., M.Kes, Kamis (15/6/2017).

Pada edisi kali ini, ia membagikan tips mengenai bagaimana menghadapi menu di hari raya.

Yeni menyampaikan bahwa, menjaga konsumsi makanan saat hari raya itu sangat penting.

Dalam dialognya bersama dr Bambang Hastha Yoga, Sp. KJ, selaku dokter ahli gizi, Yeni menjelaskan bahwa, saat Idul Fitri sebaiknya mengatur serta mengontrol menu makanan dan pola makan.

"Konsumsi makanan perlu diatur dan dikontrol selama kita menikmati santapan Idul Fitri, sebaiknya konsumsi menu sehari-hari yang sehat, dan juga mengatur menu yang seimbang, seperti karbohidrat ,protein, serta serat harus seimbang di dalam tubuh kita," jelas Yeni.

Ia juga menambahkan agar mengkonsumsi makanan dengan pola menu seimbang saat hari raya juga harus perlu diperhatikan, agar nantinya tidak menimbulkan penyakit pada tubuh kita. 

"Yang perlu diwaspadai ialah menu-menu yang bersantan, yang dapat menyebabkan kolesterol. Selain itu kita juga harus banyak mengkonsumsi makanan yang berserat," tambahnya.

Yeni juga menyarankan agar sebelum menyantap menu-menu hidangan di hari raya, harus diawali dulu mengonsumsi dengan sayuran, atau buah-buahan.

Halaman
12
Penulis: gsk
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help