TribunJogja/

Sebanyak 445 Personil Diterjunkan untuk Amankan Arus Mudik Lebaran

Jumlah pos pengamanan dan pelayanan sengaja ditambahkan untuk mengantisipasi titik-titik rawan kecelakaan yang semakin bertambah dari tahun ke tahun.

Sebanyak 445 Personil Diterjunkan untuk Amankan Arus Mudik Lebaran
Tribun Jogja/ Angga Purnama
Seorang pekerja sedang membangun posko mudik. (ilustrasi) 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Kepolisian Resort Gunungkidul melakukan antisipasi dan pengamanan pada arus mudik dan balik lebaran tahun 2017 ini.

Sebanyak ratusan personel diturunkan di puluhan pos pengamanan dan pelayanan yang tersebar di wilayah Gunungkidul.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Muhammad Arif Sugiyarto, menuturkan, sebanyak 23 pos pengamanan dan pelayanan dibangun dan disiagakan di titik-titik rawan kecelakaan juga kemacetan di Kabupaten Gunungkidul.

Ia menuturkan, jumlah pos pengamanan dan pelayanan sengaja ditambahkan untuk mengantisipasi titik-titik rawan kecelakaan yang semakin bertambah dari tahun ke tahun.

"Jika pada tahun lalu terdapat 18 pos saja, maka tahun 2017 ini kami tambahkan menjadi 23 pos yang tersebar di titik-titik rawan kecelakaan," ujar Arif, pada Rapat lintas sektoral dalam rangka pengamamanan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, di Kantor Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Selasa (13/6/2017).

Lanjut Arif, rencananya pos pengamanan dan pelayanan akan didirikan dan beroperasi mulai tanggal 19 Juni 2017 mendatang di tempat-tempat tertentu yang disebut dengan area hitam. 

"Wilayah tersebut paling rawan terjadi nya kecelakaan. Untuk itu beberapa pos akan didirikan di lokasi tersebut, serta sejumlah tempat keramaian lainnya," ujarnya.

Pihaknya pun menyiapkan ratusan personil dan pos pengamanan pada H-7 hingga H+7 lebaran. Sebanyak 445 personil yang dibantu petugas dari kesehatan, TNI dan juga Dinas Perhubungan turut diterjunkan.

"Jumlah ini bisa bertambah, sesuai kondisi di lapangan nanti," ujarnya.

Arif berharap pada arus mudik dan balik pada lebaran kali ini, dapat berjalan kondusif. Baik dari jumlah laka serta tingkat kriminalitas yang berkurang.

"Kami harapkan kegiatan masyarakat dapat berjalan lancar,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi, mengatakan, diperlukan sinergi lintas sektoral dan instansi untuk pengamanan pada perayaan lebaran 2017 ini.

Ia pun menghimbau agar seluruh Organisai Perangkat Daerah (OPD) mengoptimalkan tugas dan fungsinya, dalam menghadapi Lebaran nanti. 

"Setiap instansi wajib memahami tugasnya masing-masing, jika terjadi permasalahan di lapangan dapat dikomunikasikan dengan lintas sektoral sehingga terjadi koordinasi yang efisien dan efektif,” kata Immawan. (*)

Penulis: rfk
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help