TribunJogja/

Hati-hati, 7 Pikiran Negatif Ini Bisa Bikin Penampilan Kita Terlihat Cepat Tua Lho

Bukan hanya membuat rasa percaya diri berkurang, pikiran negatif juga membuat hidup tidak bahagia

Hati-hati, 7 Pikiran Negatif Ini Bisa Bikin Penampilan Kita Terlihat Cepat Tua Lho
thinkstock
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Tahukah Anda, kekuatan pikiran positif bisa memberikan energi positif dalam diri kita. Sayangnya, kita sering sulit mengendalikan pikiran-pikiran negatif. Bila berlebihan, kebiasaan "negative thinking" ini sebenarnya merugikan.

Bukan hanya membuat rasa percaya diri berkurang, pikiran negatif juga membuat hidup tidak bahagia, selalu penuh curiga, kecemasan, dan ternyata juga membuat penampilan terlihat lebih tua.

Sudah waktunya kita memegang kendali pada apa yang kita pikirkan. Mulailah menyingkirkan 7 pikiran negatif ini dari hidup kita.

1. Stres

Setiap orang pasti pernah stres, tapi jika hidup kita sudah dikuasai stres, bisa menyebabkan penuaan dini akibat kematian sel secara prematur. Bagaimana terjadinya? Masa hidup sel dikendalikan oleh struktur sel yang disebut telomer, yang melindungi DNA dan membantu membelah sel.

Setiap kali sel membelah, telomer akan menjadi lebih pendek, yang akhirnya menjadi terlalu pendek dan akhirnya mati. Dalam analisis studi yang melibatkan 7.000 orang, peneliti menemukan telomer cepat menjadi pendek pada mereka mengalami depresi dibanding mereka yang lebih bahagia.

2. Permusuhan

Memaafkan orang yang kita anggap mengganggu hidup kita memang tidak mudah. Dorongan untuk membalas perbuatan mereka pasti besar dan kita pun akan merasa puas.  Menjauhi sikap bermusuhan dan maafkan ternyata bukan hanya membuat hati lebih damai, namun juga membuat kita awet muda.

3. Sinisme

Membiarkan sikap sinisme tumbuh dalam diri merupakan bibit dari permusuhan. Sering ragu dan mencurigai motif seseorang, bersikap skeptis terhadap gagasan baru, merupakan penghambat kita untuk maju. Selain itu, menurut sebuah studi, pria yang sini sjuga beresiko serangan jantung dan stroke lebih tinggi, terutama jika sikap sinisme itu dikombinasi dengan sikap permusuhan.

Halaman
12
Editor: ton
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help