TribunJogja/
Home »

DIY

» Bantul

Sebagian Aset Terdampak Bandara Siap Dikompensasi

Kulonprogo sudah menerima kepastian pembayarannya berdasarkan surat dari Kementerian Dalam Negeri yang menyatakan bahwa aset daerah bisa dikompensasi.

Sebagian Aset Terdampak Bandara Siap Dikompensasi
jogjainvest.jogjaprov.go.id
Masterplan bandara baru Yogyakarta di Kulon Progo. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO – Sebagian aset daerah Kulonprogo yang terdampak pembangunan bandara di Temon seharusnya sudah bisa dicairkan dana kompensasinya.

Hanya saja, pemerintah kabupaten setempat hingga saat ini belum menerimanya dari PT Angkasa Pura 1.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mengatakan, pihaknya sudah menerima kepastian pembayarannya berdasarkan surat dari Kementerian Dalam Negeri yang menyatakan bahwa aset daerah bisa dikompensasi.

Hanya saja, pembayarannya hingga saat ini belum terealisasi dan PT Angkasa Pura 1 kelapa tim khusus yang diutus Pemkab selalu menyebut bahwa penyelesaian urusan tersebut tergantung Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Beberapa masalah yang saya tanyakan kepada AP 1 ternyata ada jawaban harus menunggu BPN. Tim khusus percepatan bandara juga sudah mendatangi BPN dan menanyakan kejelasannya. Kami datang dan mendesak supaya bisa diselesaikan dan dibayarkan lalu bisa untuk membangun di relokasi,” kata Hasto, Minggu (11/6/2017).

Dari komunikasi dengan BPN, pihaknya juga mendapatkan informasi bahwa sebagian dana kompensasi aset daerah itu sebetulnya sudah bisa dbayarkan.

Hasto menyebut, bagian yang sudah siap dibayarkan mencapai nilai Rp6 miliar dan menurut BPN memang sudah bisa dibayarkan.

Ada kemungkinan nantinya pembayaran memang akan dilakukan bertahap sesuai kesiapan di tiap-tiap bagian aset.

Selanjutnya, mengingat BPN sudah mengiyakan pembayarannya, bola liar ada di tangan AP 1 sebagai pemrakarsa pembangunan bandara dan pengguna lahan.

Hasto menyebut, Pemkab dan BPN punya kesepakatan untuk turun ke lapangan di pekan ini untuk menyisir keseluruhan registrasi aset.

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help