TribunJogja/
Home »

DIY

» Bantul

Petugas Periksa Bus di Terminal Palbapang Bantul, Satu Armada Dinyatakan Tak Laik Jalan

Satu bus, ditemukan tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan atau dinyatakan tidak laik jalan.

Petugas Periksa Bus di Terminal Palbapang Bantul, Satu Armada Dinyatakan Tak Laik Jalan
Tribun Jogja/ Dwi Nourma Handito
Petugas Dinas Perhubungan Bantul melakukan pengecekan terhadap bus yang ada di Terminal Palbapang, Bantul, Senin (12/6/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Dwi Nourma Handito

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL –  Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul dan instansi lain seperti Kepolisian, TNI melakukan pemeriksaan kendaraan mudik di terminal Palbapang, Bantul, Senin (12/6/2017).

Satu bus, ditemukan tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan atau dinyatakan tidak laik jalan.             

Ada tiga bus yang berada di terminal yang masuk kecamatan Bantul ini. Namun hanya dua bus yang bisa diperiksa oleh petugas.

Dua bus tersebut adalah bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan bus Pariwisata dari satu perusahaan otobus yang sama.

Bus yang dinyatakan tidak laik adalah bus yang terdaftar sebagai bus pariwisata.

Adapun satu bus tidak bisa diperiksa karena ditinggalkan oleh pengemudi dan kru bus dan tidak bisa ditemui oleh petugas.

Pemeriksaan bus dilakukan dari sisi administratif dan juga sisi teknis. Pemeriksaan administratif meliputi STNK, SIM pengemudi, dan bukti lulus uji.

Sementara untuk teknis meliputi tiga komponen utama yakni rem, penerangan dan juga bodi sekaligus kelengkapan keselamatan lain.

Menurut Penguji dari Dishub Bantul, Ganis Pratomo secara teknis bus yang diuji kemarin laik, namun ada satu bus yang tidak memenuhi syarat administrasi sehingga dinyatakan tidak laik jalan.

“Di terminal Palbapang kita periksa tiga unit yang pertama karena crew tidak ada dan dicari tidak ketemu jadi hanya dua yang kita periksa. Dengan hasil satu unit dinyatakan laik jalan dan satu tidak , dikarenakan kartu pengawasan habis masa berlakunya, “ katanya.(*)

Penulis: dnh
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help