TribunJogja/

Fakta atau Mitos, Minum Susu Bisa Bikin Badan Gemuk? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Resiko obesitasnya 38 persen lebih rendah dibanding yang mengonsumsi susu lebih sedikit.

Fakta atau Mitos, Minum Susu Bisa Bikin Badan Gemuk? Ini Penjelasan Ilmiahnya
Foxnews
Ilustrasi minum susu 

TRIBUNJOGJA.COM - Kandungan lemak yang tinggi dalam susu dianggap bisa menyebabkan berat badan bertambah. Karenanya, tak sedikit orang yang menghindari susu dengan alasan takut gemuk.

Ahli gizi Dr Marudut mengatakan, anggapan susu membuat gemuk adalah mitos. Dia mengutip sebuah penelitian yang menemukan susu bukan penyebab berat badan bertambah.

Penelitian itu memakai 46.000 responden dan menyebutkan bahwa mereka yang minum dua sampai empat gelas susu per hari, resiko obesitasnya 38 persen lebih rendah dibanding yang mengonsumsi susu lebih sedikit.

"Justru yang buat kita gemuk adalah makanan lain yang berlebih," kata Marudut kepada Kompas Lifestyle dalam acara diskusi yang diadakan Frisian Flag Indonesia di Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2017).

Makanan dengan kandungan lemak, minyak dan kalori yang tinggi justru berdampak signifikan bagi kenaikan berat badan. Kendati demikian, Marudut tak menampik bila mengonsumsi susu berlebihan bisa membuat gemuk dan obesitas.

Prinsip tersebut sama seperti dengan mengonsumsi makanan berlebih. Lantas, berapa konsumsi ideal susu setiap hari? "Dua sampai tiga porsi per hari. Kalau porsi susu kan satu gelas 200-240 mililiter," ujarnya.

Dalam segelas susu terkandung nutrisi yang lengkap, itu sebabnya tak perlu takut mengonsumsi susu, selama jumlahnya tidak berlebihan. (*)

Editor: ton
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help