TribunJogja/

[TIPS] Kelola Uang THR Anda dengan Memperhitungkan 6 Hal Ini

Tentunya, Anda harus mengetahui pos-pos apa saja yang dibutuhkan untuk Lebaran.

[TIPS] Kelola Uang THR Anda dengan Memperhitungkan 6 Hal Ini
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Tunjangan Hari Raya adalah kewajiban setiap pekerja. Namun, seringkali pengeluaran Lebaran malah “nombok” alias lebih dari jumlah THR yang diterima.

Bagaimana mengatur uang THR agar tidak nombok? Tentunya, Anda harus mengetahui pos-pos apa saja yang dibutuhkan untuk Lebaran.

Dengan mengurutkan pengeluaran rutin Lebaran, Anda akan mengetahui mana saja yang harus diprioritaskan dan berapa batas anggaran yang harus disiapkan untuk masing-masing pos.

Untuk memudahkan, ini dia tips dari Dida Nurhaida, Praktisi Keuangan, Investasi & Pasar Modal dari Fahima Advisory, untuk mengatur pos-pos dalam alokasi uang THR Anda:

1. Membayar Kewajiban

Membayar kewajiban dalam artian zakat fitrah, zakat maal, bonus para pekerja di rumah, dan memberi orangtua atau saudara.

2. Anggaran Mudik

Anggaran mudik adalah hal yang wajib masuk alokasi dana Lebaran. Anggaran ini termasuk biaya transportasi dan akomodasi.

3. Amplop untuk Keluarga

Bagi yang mudik saat Lebaran, tidak perlu terlalu banyak membuat hidangan dan kue-kue di rumah. Ang­garannya ini dialokasikan mem­beli oleh-oleh dan menyiapkan amplop “salam tempel” untuk sanak saudara di kampung halaman.

Halaman
12
Editor: ton
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help