TribunJogja/

Pemeriksaan Angkutan Lebaran, Lima Bus AKAP Terjaring

Dalam pemeriksaan ini, petugas juga memeriksa kesehatan dan melakukan tes urin kepada supir angkutan.

Pemeriksaan Angkutan Lebaran, Lima Bus AKAP Terjaring
tribunjogja/rendika ferri k
Operasi gabungan oleh petugas dari Satlantas Polres Gunungkidul, Dinas Perhubungan (Dishub) DIY dan Dishub Gunungkidul, Badan Narkotika Nasional, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul dilakukan pada Rabu (7/6/2017) di Rest Area Bunder, Kecamatan Playen. 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Jelang arus mudik lebaran, pemeriksaan dilakukan kepada angkutan yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Hal ini untuk memastikan kelayakan angkutan yang hendak dijadikan angkutan lebaran.

Dalam pemeriksaan ini, petugas juga memeriksa kesehatan dan melakukan tes urin kepada supir angkutan.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlatas) Polres Gunungkidul, AKP Samiyono, menuturkan, operasi yang dilakukan pada Rabu (7/6/2017) di Rest Area Bunder, Kecamatan Playen itu bertujuan untuk memastikan kelayakan angkutan lebaran.

Ia menuturkan, operasi gabungan diikuti oleh petugas dari Satlantas Polres Gunungkidul, Dinas Perhubungan (Dishub) DIY dan Dishub Gunungkidul, Badan Narkotika Nasional, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul.

“Kami melakukan pengecekan kendaraan, apakah semua berfungsi dengan baik dan layak. Selain itu kami periksa juga kondisi kesehatan dari supir, dan melakukan tes urin, untuk mengantisipasi penggunaan narkoba," ujar Samiyono, Rabu (7/6/2017).

Samiyono mengatakan, hasil pemeriksaan, menindak sebanyak lima bus AKAP, seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) yang kedaluarsa, melanggar aturan karena tidak memiliki izin trayek, melanggar lalu lintas dengan tidak mematuhi rambu marka jalan.

Selain itu, terdapat lima supir bus yang memiliki tekanan darah tinggi. Satu sopir bus yang diketahui mengkonsumsi obat, bukan termasuk kategori obat terlarang lantaran merupakan obat resep dari dokter.

“Kami juga menjaring dua bus yang bermasalah karena uji KIR, dan langsung ditindak oleh Dishub,” tuturnya. (*)

Penulis: rfk
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help